Selasa, 04 Oktober 2016 16:07 WITA

Jika Piala Dunia Diikuti 48 Negara, Begini Model Pertandingannya

Editor: Jumardin Akas
Jika Piala Dunia Diikuti 48 Negara, Begini Model Pertandingannya
Presiden FIFA Gianni Infantino

RAKYATKU.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino telah mengungkapkan keinginannya untuk menambah jumlah negara peserta Piala Dunia dengan format final 32-48 tim.

Pria kelahiran Swiss ini memang telah memasukkan wacana itu dalam kampanyenya sebelum mengganti Seep Blatter.

Saat berbicara di universitas Sergio Arboleda di Bogota, Infantino mengungkapkan ide lebih lanjut terkait delapan negara yang akan ditambahkan.

"Dari sudut pandang olahraga sangat ideal untuk memiliki 32 negara, sementara 48 akan rumit. Tapi itulah idenya. Namun kami masih mempertimbangkan kembali dan menemukan format yang terbaik. Semua akan dibahas bulan ini dan akan diputuskan pada bulan Januari 2017," katanya. 

loading...

Saran Infantino salah satunya adalah sistem gugur akan dipakai pada babak penyisihan hingga menyisakan 16 besar tim. 

"Jadi idenya adalah untuk masuk 16 negara unggulan yakni dengan permainan eliminasi langsung untuk mewujudkan Piala Dunia dengan 48 tim," katanya.

Dia pun mengungkap alasan dirinya mengampanyekan penambahan peserta piala dunia. "Ide FIFA adalah untuk mengembangkan sepak bola di seluruh dunia, dan Piala Dunia adalah event terbesar di dunia. Karena kompetisi  itu telah mejadi acara sosial, karena dampaknya sangat besar," katanya.

Loading...
Loading...