Jumat, 15 Mei 2020 11:02 WITA

Copa Libertadores; Pemain Dilarang Cium Bola, Meludah, dan Bertukar Kaus

Editor: Abu Asyraf
Copa Libertadores; Pemain Dilarang Cium Bola, Meludah, dan Bertukar Kaus
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Tidak ada lagi adegan ciuman bola dalam pertandingan sepak bola di Amerika Selatan.

Bertukar kaus usai pertandingan, meludah atau buang ingus juga masuk dalam larangan terbaru dilakukan di lapangan.

Badan sepak bola di wilayah tersebut telah mengeluarkan serangkaian peraturan khusus di tengah pandemi virus corona. Itu untuk melindungi kesehatan semua orang ketika Copa Libertadores -kompetisi klub terbesar di benua itu- akhirnya dilanjutkan.

Sejauh ini belum ada jadwal pasti dimulainya turnamen tersebut. Namun, diperkirakan sebelum September. Negara-negara Amerika Selatan masih terus berjuang untuk menahan virus. 

Copa Libertadores dan Copa Sudamericana tingkat kedua ditangguhkan pada bulan Maret.

Conmebol menyetujui perubahan pada peraturannya untuk beradaptasi dengan pandemi. Semua pemain dan orang lain yang terlibat dalam pertandingan juga akan menjalani tes terlebih dahulu.

Mereka yang menolak untuk diuji, tidak akan diizinkan untuk bertanding. Sementara klub yang tidak bekerja sama bisa didenda.

Di antara tambahan pada peraturan adalah larangan bagi pemain dan ofisial untuk mencium bola sebelum, selama, dan setelah pertandingan. 

"Mereka juga tidak akan diizinkan meludah atau buang ingus mereka saat berada di lapangan atau di bangku-bangku cadangan," lanjutnya.

Suhu tubuh mereka akan diperiksa sebelum pertandingan. Semua orang di bangku cadangan akan diminta untuk memakai masker setiap saat.

Pemain juga dilarang bertukar atau memberikan baju mereka atau seragam apa pun kepada pemain lawan, rekan satu tim, atau orang lain. 

loading...

Pertukaran panji tradisional antara kapten tim sebelum pertandingan juga tidak akan diizinkan.

Pemain dan staf pelatih akan diwajibkan untuk menggunakan botol air individu selama pertandingan. 

Wawancara pasca-pertandingan dan konferensi pers dengan pelatih dan pemain hanya diizinkan bagi yang mengenakan masker.

Conmebol mengatakan akan mengurangi jumlah denda untuk pelanggaran disiplin sebesar 30 persen ketika kompetisi dilanjutkan.

Itu juga mengkonfirmasi perubahan menjadi lima pergantian pemain per pertandingan, setelah presiden Alejandro Dominguez menyatakan kekesalan pekan lalu bahwa mereka tidak berkonsultasi sebelum FIFA mengatakan itu diizinkan.

Copa Libertadores dihentikan di babak penyisihan grup. Copa Sudamericana telah berhenti setelah fase pertama.

Babak pertama kualifikasi Piala Dunia tidak dapat diselesaikan karena pandemi. Itu juga diharapkan mulai sekitar bulan September.

Aturan baru yang diberlakukan oleh Conmebol tidak akan memengaruhi liga lokal di masing-masing negara. Tidak ada yang telah dimulai kembali.

Setelah pertemuan pada hari Rabu, badan sepak bola Amerika Selatan mengatakan mereka membagikan tambahan $ 14 juta kepada 10 asosiasi nasionalnya untuk membantu mereka selama krisis virus corona.


 

Loading...
Loading...