Sabtu, 21 Desember 2019 10:03 WITA

Mikel Arteta Resmi Jadi Pelatih Arsenal, Guardiola Bilang Begini

Editor: Nur Hidayat Said
Mikel Arteta Resmi Jadi Pelatih Arsenal, Guardiola Bilang Begini
Mikel Arteta resmi jadi pelatih baru Arsenal. (Foto: Arsenal)

RAKYATKU.COM - Arsenal mengumumkan pelatih barunya. Mikel Arteta resmi diangkat sebagai pelatih The Gunners.

Arsenal langsung mencari nakhoda baru usai memecat Unai Emery pada akhir November. Freddie Ljungberg kemudian ditunjuk sebagai caretaker.

Usai lima laga bersama Ljungberg, Arsenal akhirnya meresmikan pengangkatan Arteta. Arteta diikat dengan kontrak berdurasi 3,5 tahun.

"Dengan senang hati kami umumkan Mikel Arteta gabung klub sebagai pelatih kepala pada hari Minggu," demikian bunyi pernyataan di situs resmi Arsenal.

Bergabung Arsenal, Arteta meninggalkan posisinya sebagai asisten manajer Manchester City. Pria asal Spanyol itu sudah jadi tangan kanan Pep Guardiola sejak 2016.

Sebelum jadi asisten manajer Guardiola, Arteta menutup karier profesionalnya sebagai pesepak bola di Arsenal. Ia memperkuat Meriam London pada 2011-2016.

Selama jadi pemain, Arteta tampil 150 kali bersama Arsenal. Dia turut mengantar Arsenal memenangu dua gelar Piala FA dan Community Shield.

loading...

Guardiola pun sudah merelakan anak buahnya ini hengkang ke Arsenal. Dia menilai Arteta sudah selayaknya naik kelas dengan melihat kontribusinya untuk City.

"Mikel telah menjadi pelatih yang sangat baik untuk Manchester City," kata Guardiola dikutip dari situs resmi City

"Dia telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan pengetahuan sepakbola yang mengesankan selama berada di sini. Ia telah memberikan kontribusi nyata bagi prestasi klub dalam beberapa tahun terakhir."

"Kami semua berharap yang terbaik untuknya dengan jabatan baru tersebut. Aku yakin dia siap untuk itu," ujarnya menegaskan.

Arteta akan menjalani debutnya sebagai manajer Arsenal akhir pekan ini. Arsenal akan bertandang ke markas Everton, Sabtu malam WIB (22/12/2019), pada pekan ke-18 Liga Inggris.

Loading...
Loading...