Rabu, 11 Desember 2019 22:21 WITA

Diwarnai Kartu Merah Amido Balde, PSM Tumbang di Markas Barito Putera 3-2

Penulis: Rizal
Editor: Andi Chaerul Fadli
Diwarnai Kartu Merah Amido Balde, PSM Tumbang di Markas Barito Putera 3-2

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lagi dan lagi. PSM Makassar kembali tumbang di laga tandang. Kali ini, di markas Barito Putera, PSM tumbang dengan skor 3-2.

Laga pekan ke-32 Liga 1 2019 itu digelar di Stadion Demang Lehman, Martapura, Rabu malam (11/12/2019).

Barito Putera langsung menggebrak di awal babak pertama. Hasil positif pun diraih dengan dua gol cepat yang dilesakkan anak asuh Djadjang Nurdjaman itu.

Gol pertama lewat sundulan kepala Fransisco Torres pada menit ke-17. Sundulan Torres lemah. Namun, penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit lambat melakukan antisipasi. Bola pun meluncur pelan ke pojok kiri bawah gawang PSM. Skor 1-0 untuk Barito Putera.

Gol kedua Barito dicetak oleh Samsul Arif Munip pada menit ke-22. Melalui sepakan dari dalam kotak penalti. Sebelumnya, Samsul menerobos tiga pemain bertahan PSM. Bola diarahkannya ke pojok kiri bawah gawang PSM. Rivky lagi-lagi gagal menangkap tendangan mendatar tersebut. Skor pun kembali berubah menjadi 2-0 untuk Barito.

Tertinggal dua gol, PSM mencoba bangkit. Rizky Pellu memperoleh peluang emas di menit ke-34. Sayang, tendangannya masih melambung diatas gawang Barito.

Selanjutnya, giliran Barito punya peluang. Kembali lewat Samsul Arif Munip di menit ke-36. Sayang, bola tendangan Samsul justru melebar di sisi kanan gawang Rivky Mokodompit.

Setelah itu, laga berjalan dengan tempo cepat. Namun, meski kedua tim saling menyerang, tak ada lagi gol tambahan tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Barito bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barito Putera nampak belum puas dengan keunggulan dua golnya. Serangan demi serangan terus dilakukan.

loading...

Menit ke-70, Francsisco Tores mencetak gol ketiga Barito Putera. Ia memanfaatkan umpan Samsil Arif Munip yang melakukan sprint dari tengah. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk Barito.

Mengejar ketinggalan tiga gol, Pelatih PSM, Darije Kalezic memasukkan Amido Balde. Pergantian itu sukses. Balde dilanggar di kotak penalti oleh Donny Harold Monim di menit ke-74. PSM pun dapat hadiah penalti.

Balde yang ditunjuk sebagai eksekutor melaksanakan tugasnya dengan baik. Skor pun berubah menjadi 3-1 di menit ke-75.

Sayang, emosi Balde tak terkendali usai dilanggar pada menit ke-85. Ia menanduk Donny Harold Monim. Kartu merah pun melayang untuknya.

Bermain dengan 10 orang, PSM kembali mampu memperkecil ketertinggalannya melalui gol Rizky Pellu. Gol itu tercipta pada menit ke-89. Assist dari M Rahmat. Skor pun berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Barito. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Kekalahan ini membuat posisi PSM di klasemen sementara turun satu peringkat. Dari posisi ke-8 menjadi posisi ke-9. Mengumpulkan 43 poin dari 32 laga.

Sebaliknya, kemenangan ini memastikan Barito Putera aman dari jeratan zona degradasi. Naik tiga peringkat dari posisi ke-15 menjadi posisi ke-12 klasemen sementara. Mengumpulkan 40 poin dari 32 laga.

Loading...
Loading...