Selasa, 03 Desember 2019 05:30 WITA

Raih Ballon d'Or untuk Keenam Kalinya, Ini Daftar Rekor Lionel Messi yang Belum Tertandingi

Editor: Abu Asyraf
Raih Ballon d'Or untuk Keenam Kalinya, Ini Daftar Rekor Lionel Messi yang Belum Tertandingi
Lionel Messi bersama istri dan anaknya.

RAKYATKU.COM - Lionel Messi akhirnya memenangkan penghargaan bergengsi, Ballon d'Or untuk keenam kalinya.

Pengumuman dilakukan di Paris, Senin (2/12/2019). Bintang Argentina itu mengalahkan duet Liverpool, Virgil van Dijk dan Sadio Mane yang masuk nominasi.

Tahun lalu, gelar bergengsi tersebut jatuh ke tangan Luka Modric, gelandang Real Madrid asal Kroasia.

Gelar itu terasa istimewa karena Messi baru saja membawa Barcelona mengalahkan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, kandang Atletico. Dalam lanjutan La Liga, Senin dini hari (2/12/2019) itu, Messi mencetak gol tunggal.

Dalam laga melawan Atletico Madrid, Messi melepaskan tiga sepakan, dua di antaranya on target. Pemain berusia 32 tahun itu juga melakukan sembilan assist.

Berkat gol yang dicetak Lionel Messi, Barcelona kembali ke puncak klasemen dengan mengemas 31 poin. Los Blaugrana unggul selisih gol dari pesaing terberat mereka, Real Madrid.

Pemain asal Argentina itu memang sering menjadi penentu kemenangan Barcelona. Alhasil, sebagian besar prestasi Lionel Messi terukir indah di Buku Rekor Dunia.

Musim lalu, 2018/19, Lionel Messi memenangkan gelar Sepatu Emas Eropa. Itu merupakan gelarnya yang keenam di penghargaan ini.

Pada musim lalu, Messi mencetak gol 36 kali di kasta tertinggi sepak bola Spanyol, La Liga. Secara keseluruhan, dia mencetak 51 gol di semua kompetisi musim lalu.

Itu merupakan kali keenam bagi Messi mencetak 50 gol lebih dalam satu klub. Prestasinya hanya bisa disamai oleh Cristiano ROnaldo yang mencetak 50 gol lebih, saat masih berseragam Real Madrid dalam enam musim beruntun, 2010 hingga 2016.

Messi juga pemegang rekor sebagai pemain pertama yang mencetak hattrik lebih dari satu di Liga Champions dalam semusim.

Loading...

Messi dan Ronaldo memegang rekor hattrick terbanyak di Liga Champions. Namun nama Messi merupakan pemain pertama yang mencetak lebih dari satu trigol selama semusim di Liga Champions.

Pada Liga Champions 2011/12, Messi mencetak hattrick hingga tiga kali, yakni ke gawang Bayer Leverkusen, Viktoria Plazen, dan Bayern Munchen. Hebatnya lagi, Messi mencetak hattrick lebih dari satu kali setelah tidak ada pemain yang bisa melakukannya sejak 1992.

Nama Messi juga masuk dalam buku rekor dunia sebagai pemain termuda yang mampu mencetak 50 gol di Liga Champions. Messi mencatatkan rekor tersebut saat masih berusia 24 tahun, 9 bulan, dan 10 hari.

Saat ini, Messi sudah mencetak 114 gol dari 140 pertandingan di Liga Champions. Dia memiliki rasio 0,81 gol per pertandingan di kompetisi terbaik di Eropa tersebut.

Messi juga menjadi pemain yang mencetak gol paling banyak dalam semusim. Messi mencetak 91 gol pada 2012. Torehan itu membuat bintang Barcelona tersebut memecahkan rekor terbanyak dalam satu tahun yang sebelumnya dipegang legenda Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Gerd Muller.

Semua gol itu dicetak Messi antara lain 61 gol di Liga Spanyol, 13 gol di Liga Champions, tujuh gol dalam laga uji coba Timnas Argentina, lima pertandingan kualifikasi Piala Dunia, tiga di Copa del Rey, dan dua di Piala Super Spanyol.

Prestasi Messi itu tercatat dalam Guinness World Record dan hingga kini rekor tersebut belum terpecahkan.

Bukan hanya itu. Messi juga pencetak gol paling banyak di piala dunia antarklub. Messi telah memenangkan tiga trofi piala dunia antarklub bersama Barcelona sepanjang kariernya. Dalam ajang tersebut, Messi telah mencetak lima gol.

Torehan itu menempatkan Messi sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di turnamen tersebut. Akan tetapi, dia harus berbagai rekor dunia dengan rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez dan Timnas Argentina, Cesar Delgado.

Loading...
Loading...