Minggu, 24 November 2019 20:59 WITA

Jika Malaysia Tak Minta Maaf, Ini Langkah Menpora

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jika Malaysia Tak Minta Maaf, Ini Langkah Menpora
Menpora RI, Zainudin Amali. Ist

RAKYATKU.COM - Polemik pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia terus berlanjut. Terbaru, Kemenpora RI sudah melayangkan surat protes.

Dalam surat itu, pihak Kemenpora RI meminta dua hal, yakni mengusut kejadian itu dan meminta maaf secara resmi.

Lantas bagaimana jika Kemenpora Malaysia tidak memenuhi dua permintaan itu?

"Nah ini kan punya masalah diplomasi kita serahkan kepada Kementerian Luar Negeri. Itu sudah bukan di area Kementerian Pemuda dan Olahraga," kata Menpora RI, Zainudin Amali, Minggu (24/11/2019).

Zainudin Amali meminta permintaan maaf dilakukan secara resmi bukan hanya melalui Twitter.

Loading...

"Saya mendapatkan informasi sudah ada permintaan maaf Tapi lewat Twitter saya kira kita mengirim surat resmi official Pemerintah Indonesia menyampaikan kepada pemerintah Malaysia secara resmi. Nah, harusnya dijawab secara resmi juga. Bukan hanya sekadar disampaikan lewat Twitter seperti itu," tambahnya dilansir Detikcom.

Amali juga mengaku, saat ini terus berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. Tujuannya, untuk terus memantau situasi di sana. 

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memastikan masyarakat Indonesia di sana dalam kondisi aman dan mendapat perlindungan.

"Kemudian Kemenpora berkomunikasi secara terus-menerus dengan KBRI kita di Kuala Lumpur, memantau bagaimana situasi di sana terutama yang menyangkut masyarakat kita. Karena itu menyangkut rakyat kita, masyarakat kita di luar negeri dan menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," ujar Amali.

Loading...
Loading...