Senin, 18 November 2019 22:12 WITA

Tampil Superior, PSM Gulung Persipura 4-0 di Mattoanging

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Tampil Superior, PSM Gulung Persipura 4-0 di Mattoanging
Amido Balde (kiri)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - PSM Makassar menang besar. Tampil superior, tim berjuluk Juku Eja itu menggulung Persipura Jayapura dengan skor telak 4-0 pada laga tunda pekan ke-4 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin malam (18/11/2019).

Empat gol PSM masing-masing dicetak Ezra Walian pada menit ke-12, Rizky Eka Pratama pada menit ke-34, Amido Balde pada menit ke-45+2, serta Ferdinand Sinaga pada menit 90+2.

Mengawali babak pertama, PSM langsung menggebrak. Kombinasi Marc Klok, Rasyid Bakri dan Rizky Pellu di lini tengah PSM mencoba memanjakan duet Amido Balde dan Ezra Walian di lini depan.

Peluang pertama bagi PSM diperoleh pada menit ke-8. Aksi solo run Rasyid Bakri berakhir dengan pelanggaran di depan kotak penalti Persipura. Rasyid yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut mengirimkan umpan lambung ke Amido Balde. Sayang, sundulan Balde masih menyamping di samping kiri gawang Persipura.

Usaha yang gigih dari Pasukan Ramang berbuah gol cepat pada menit ke-12. Berawal dari lemparan ke dalam Aaron Evans, Ezra Walian berhasil unggul duel dengan Ricardo Salampessy di dalam kotak penalti Persipura. 

Dengan sekali sontekan kaki kanan, Ezra yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman langsung menceploskan bola. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Tertinggal satu gol, Tim Mutiara Hitam mencoba bangkit. Pada menit ke-15, sundulan Ricardo Salampessy masih lemah dan dapat ditangkap dengan baik oleh penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit.

Pada menit ke-22, Persipura memperoleh peluang emas. Todd Rivaldo Ferre dijatuhkan Marc Klok di depan kotak penalti PSM. Sayang, eksekusi tendangan bebas Todd Ferre masih membentur pagar betis tim Juku Eja.

Setelah itu, tempo permainan berjalan seimbang. Baik PSM maupun Persipura mencoba saling serang. Namun, tak ada peluang berarti yang diciptakan oleh kedua kesebelasan.

Petaka bagi Persipura ketika pertandingan memasuki menit ke-30. Bek senior, Ricardo Salampessy harus ditarik keluar akibat mengalami cedera. Salampessy pun digantikan oleh Israel Wamiau.

Kehilangan Salampessy membuat lini belakang Persipura lengah. Kelengahan itu dimanfaatkan PSM untuk mencetak gol keduanya melalui pemain muda, Rizky Eka Pratama di menit ke-34.

Gol ini berawal dari kemelut di depan gawang Persipura. Bola yang disundul Rizky Pellu jatuh tepat di kaki Rizky Eka Pratama. Dengan tenang, pemain muda asal Kabupaten Bone itu menceploskan bola ke gawang Persipura. Gol ini merupakan torehan perdananya untuk PSM. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan PSM.

Persipura sendiri merespons dengan melakukan serangan balik cepat. Todd Rivaldo Ferre maupun Titus Bonai secara bergantian mengancam gawang PSM. Namun sayang, lini belakang PSM yang dikomandoi Aaron Evans masih sangat tangguh.

Loading...

Amido Balde mencetak gol ketiga untuk PSM di masa injury time atau pada menit ke-45+2. Gol ini berawal dari assist Rizky Pellu yang mengirimkan umpan terukur kepada Balde yang bergerak masuk ke kotak penalti Persipura. Dengan sekali sontekan kaki kanannya, Balde membawa PSM unggul 3-0.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama, skor 3-0 untuk keunggulan PSM tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Persipura mencoba mengejar ketinggalan defisit tiga golnya. Namun, anak asuh Jacksen F Tiago  itu belum bisa memanfaatkan sejumlah peluang yang diperolehnya. Hal ini juga berkat penampilan apik lini belakang PSM yang dikomandoi Aaron Evans.

Pada menit ke-57, Beny Wahyudi melepaskan umpan terukur kepada Amido Balde. Sayang, tendangan Balde masih lemah dan diamankan dengan mudah oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman. 

Pada menit ke-67, sundulan Balde lagi-lagi menyamping tipis di sisi kanan gawang Persipura. Pada menit ke-68, Balde kembali gagal memanfaatkan umpan matang Rizky Eka Pratama.

Memasuki 15 menit jelang pertandingan berakhir, PSM melakukan rotasi pemain. M Arfan masuk menggantikan Rasyid Bakri, M Rahmat menggantikan Ezra Walian, serta Ferdinand Sinaga menggantikan Amido Balde.

Pada menit ke-82, Wakil Manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun menerima kartu merah dari wasit akibat melakukan protes berlebihan.

Pada menit ke-84, PSM nyaris menambah keunggulannya. Sayang, sepakan Rizky Pellu dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang Persipura.

Jelang pertandingan berakhir, Persipura terus mencoba menggebrak lini pertahanan PSM. Sementara itu, PSM sesekali mencoba melakukan serangan balik melalui M Rahmat dan Ferdinand Sinaga.

Namun, serangan balik PSM begitu efektif. Terbukti, Ferdinand Sinaga yang baru masuk dibabak kedua berhasil menambah keunggulan PSM melalui sundulan kepalanya di menit ke-90+2. 

Gol tersebut berawal dari umpan jauh M Arfan dari tengah lapangan. Ferdinand pun terlibat satu lawan satu dengan kiper Persipura, Dede Sulaiman. The Dragon, julukan Ferdinand, berhasil mengecoh Dede Sulaiman dengan sebuah sundulan kepala. Bola pun memantul masuk ke gawang Persipura. Skor berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan PSM.

Hingga wasit Faulur Rosy meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor 4-0 untuk keunggulan PSM pun bertahan hingga pertandingan usai.
 

Loading...
Loading...