Minggu, 10 November 2019 20:59 WITA

Rekor Buruk Tandang Berlanjut, PSM Bertekuk Lutut di Palangkaraya 3-1

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Rekor Buruk Tandang Berlanjut, PSM Bertekuk Lutut di Palangkaraya 3-1
Ist.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rentetan hasil buruk PSM Makassar saat melakoni laga tandang terus berlanjut. PSM bertekuk lutut di markas Kalteng Putra dengan skor telak 3-1 pada laga tunda pekan ke-10 Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu malam (10/11/2019).

Tiga gol kemenangan Kalteng Putra masing-masing dicetak oleh Elthon Maran pada menit ke-5, Eydison Soares pada menit ke-23, serta Takuya Matsunaga pada menit ke-82.

Sementara itu, PSM memperkecil ketertinggalannya melalui gol cantik pemain muda, Aji Kurniawan pada menit ke-39.

Mengawali babak pertama, tuan rumah Kalteng Putra langsung bernafsu menerobos pertahanan PSM. Anak asuh Gomes de Oliviera itu tak mau membuang-buang waktu untuk dapat unggul cepat demi mengamankan diri dari jeratan zona degradasi.

Terbukti, gol cepat pun diperoleh tim berjuluk Laskar Isen Mulang itu melalui backheel cantik Elthon Maran pada menit ke-5. Elthon berhasil menggetarkan gawang Rivky Mokodompit setelah mendapatkan umpan matang dari tendangan bebas I Gede Sukadana. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Kalteng Putra.

Tertinggal satu gol, PSM langsung berbalik tancap gas. Tim berjuluk Juku Eja itu pun beberapa kali mengancam gawang Kalteng Putra yang dikawal Reky Rahayu. Duet Amido Balde dan Zulham Zamrun mencoba untuk terus menekan pertahanan Kalteng Putra.

Namun keasyikan menyerang justru berbuat petaka bagi PSM. Kalteng Putra malah berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Eydison Soares pada menit ke-23.

Gol Eydison lahir dari skema serangan balik yang cukup apik. Mendapatkan bola terobosan matang dari Tatsuya Matsunaga, Eydison yang berlari bebas tak terkejar barisan pertahanan PSM.

Berhadapan satu lawan satu dengan Rivky Mokodompit, Eydison dengan tenang berhasil menyontek bola hingga masuk kedalam gawang. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada menit ke-25, winger PSM, Zulham Zamrun mengalami cedera hingga harus ditarik keluar lapangan. Pelatih PSM, Darije Kalezic pun memilih Aji Kurniawan sebagai pemain yang diplot mengisi posisi Zulham.

Masuknya Aji membawa berkah bagi Pasukan Ramang. Pemain kelahiran Maros  berusia 19 tahun itu berhasil mencetak gol cantik untuk memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 2-1 pada menit ke-39.

Aji dengan tenang mengontrol bola hasil sundulan Raphael Maitimo dan melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang Reky Rahayu. Skor pun berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Kalteng Putra.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 2-1 untuk keunggulan Kalteng Putra tetap bertahan.

Loading...

Di babak kedua, PSM mencoba melakukan penyegaran pemain. Rasyid Bakri dan Ferdinand Sinaga pun dimasukkan untuk menambah daya gedor tim Juku Eja. 

PSM pun berhasil keluar dari tekanan dan mendominasi pertandingan. PSM melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Kalteng Putra. Namun, usaha Aji Kurniawan, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga dan Marc Klok tak membuahkan hasil.

Pada menit ke-54, Elthon Maran melepaskan tendangan akurat ke gawang PSM melalui sisi kanan. Tetapi, bola hasil tendangannya hanya membentur mistar gawang PSM.

Selanjutnya, giliran Rizky Pellu mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-67. Pellu menerima umpan dari tendangan bebas Rasyid Bakri dengan tumit, namun bola melambung di atas gawang Kalteng Putra.

Mendominasi pertandingan, PSM justru dipaksa harus kebobolan lagi pada menit ke-82 melalui tendangan jarak jauh Takuya Matsunaga. Gelandang asal Jepang itu memanfaatkan kelengahan kiper PSM, Rivky Mokodompit, yang gagal melakukan penyelamatan. Tendangan geledek Matsunaga itu membuat skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Kalteng Putra.

Yohanes Pahabol hampir menambah gol untuk Kalteng Putra melalui aksi individunya pada menit ke-87. Namun, tendangannya masih dapat diantisipasi oleh kiper PSM, Rivky Mokodompit yang dilaga ini didaulat sebagai kapten tim.

Meski tampil menekan penuh dibabak kedua, tak satupun peluang yang diperoleh PSM berbuah gol. Penampilan striker PSM, Amido Balde sendiri dilaga ini cukup mengecewakan. Tampil selama 90 menit, Balde tak berkutik didepan kotak penalti Kalteng Putra. Bahkan nyaris tak ada peluang yang lahir dari kreasi Balde.

Hingga wasit Nendi Rohaendi meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 3-1 untuk kemenangan Kalteng Putra tetap bertahan.

Kemenangan ini tak hanya membuat Kalteng Putra mampu melakukan revans atas PSM, namun juga membawa I Gede Sukadana dkk beranjak dari dasar klasemen Liga 1, melewati Semen Padang dan Persela Lamongan, dengan torehan 26 poin.

Sementara bagi PSM, hasil ini sekaligus menambah rentetan hasil minor yang diperoleh PSM saat melakoni laga away selama gelaran Liga 1 2019. 

Sejauh ini, dari 12 laga tandang yang telah dilalui, PSM belum pernah sekalipun menang. Hasil laga tandang PSM yakni tiga kali imbang dan sembilan laga diantaranya berakhir dengan kekalahan. Anak asuh Darije Kalezic inipun masih terpaku di posisi ke-9 dengan torehan 36 poin.

 

Loading...
Loading...