Jumat, 04 Oktober 2019 07:00 WITA

Turunkan Pemain Ilegal, Liverpool Kena Denda Rp3,4 Miliar

Editor: Fathul Khair Akmal
Turunkan Pemain Ilegal, Liverpool Kena Denda Rp3,4 Miliar
Liverpool. (Foto: CBS Sports)

RAKYATKU.COM - Liverpool tersandung kasus akibat memainkan salah satu pemainnya yang tidak memenuhi syarat ketika melawan MK Dons.

Liverpool diselidiki oleh EFL (English Football League) setelah pemain muda mereka asal Spanyol, Pedro Chirivella, bermain dalam kemenangan 2-0 atas MK Dons di Piala Liga, Rabu (25/9/2019).

Sang pemain ternyata tidak memiliki sertifikat transfer internasional.

Chirivella harus memiliki dokumen dari FA setelah dipinjamkan ke klub Spanyol, Extremadura, musim lalu.

Liverpool sempat terancam dicoret dari kompetisi yang bernama lain Carabao Cup ini, karena tindakan yang mengarah kepada kecurangan akibat memainkan pemain ilegal.

Namun, pihak EFL memutuskan untuk tidak mengeluarkan The Reds dari kompetisi karena kesalahan yang tidak begitu fatal.

"Berdasarkan ulasan komprehensif dari semua bukti, Dewan memutuskan bahwa tidak pantas untuk mengeluarkan klub (Liverpool) dari kompetisi karena sejumlah faktor yang meringankan," begitu pernyataan pihak EFL.

Loading...

Namun, Liverpool tetap menerima denda 200.000 pounds (setara Rp3,4 miliar) yang separuhnya ditangguhkan hingga akhir musim 2020/2021.

Pihak Liverpool pun sudah menanggapi hal tersebut.

"Klub menerima penilaian, hasil, dan hukuman yang dijatuhkan oleh EFL," demikian pernyataan klub, dilansir BolaSport.com dari Mirror.co.uk.

"Kami percaya itu setimpal dengan kesalahan teknis yang kami lakukan. Meskipun ada faktor yang meringankan, yang berada di luar kendali klub, kami merasa perlu untuk meminta maaf kepada penyelenggara kompetisi, dan juga kepada MK Dons."

Liverpool memenangi pertandingan Carabao Cup melawan MK Dons tersebut dengan skor 2-0. Gol dicetak oleh James Milner pada menit ke-41, dan Ki-Jana Hoever (69').

Loading...
Loading...