Jumat, 20 September 2019 09:24 WITA

Tetap Puji Pemain, Bijaknya Rahmad Darmawan Usai Dikalahkan PSM

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Tetap Puji Pemain, Bijaknya Rahmad Darmawan Usai Dikalahkan PSM
Rahmad Darmawan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tak banyak pelatih seperti sosok Rahmad Darmawan. Pelatih senior yang saat ini menukangi PS Tira Persikabo itu sangat bijak dalam menyikapi hasil pertandingan.

Hal tersebut ditunjukkan RD, akronim panggilan akrabnya, saat anak asuhnya ditaklukkan PSM Makassar dengan skor 0-2 pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019).

RD menunjukkan sikap legowo. Meski kalah, dirinya tetap memuji penampilan para pemain Laskar Padjajaran, julukan Tira Persikabo.

"Saya rasa hari ini pun saya katakan bahwa kalau kita fair, di babak kedua kita memberikan perlawanan yang berarti. Intinya anak-anak sudah berusaha. Secara keseluruhan ini akan menjadi sebuah pelajaran bagi kita. Kita pasti kecewa karena hasilnya kita kalah, tapi secara penampilan ada beberapa koreksi tapi pemain sudah tampil dengan cukup baik. Saya apresiasi itu," bebernya dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Mantan arsitek Timnas Indonesia itu mengaku bahagia anak asuhnya tetap memiliki sejumlah peluang, meski pada akhirnya harus kalah.

"Jujur kita selalu masih bisa keluar dari kesulitan. Andai wasit lebih jeli tadi Ciro (Alves) bisa dapat penalti karena ditarik celananya saat berhadapan dengan kiper dan harus melakukan tendangan. Itu artinya kita punya kans. Tapi tak masalah dengan kondisi itu," katanya.

Loading...

RD pun mengaku selalu menasehati para pemainnya. Jika sedang dalam performa bagus, katanya, para pemain juga harus tetap siap menerima kekalahan.

"Saya selalu katakan kepada pemain bahwa kompetisi ini panjang. Ketika kita ada di atas pun saya ingatkan kepada pemain bahwa kita tak boleh jemawa. Suatu saat kita akan kalah. Yang paling penting adalah setelah kita kalah kita bisa bangun lagi," ungkapnya.

Dirinya pun mengaku akan segera melupakan kekalahan ini dan berbenah menatap laga away selanjutnya menghadapi Badak Lampung FC.

"Yang paling penting kita akan segera mengevaluasi dan melupakan kekalahan ini. Kita akan menghadapi Badak Lampung  FC di Lampung. Saya kira anak-anak butuh lebih fokus lagi dari menit awal hingga akhir," demikian RD.

Loading...
Loading...