Jumat, 20 September 2019 09:11 WITA

Pelatih PSM: Rotasi Pemain Jadi Kunci Kemenangan Tim

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Pelatih PSM: Rotasi Pemain Jadi Kunci Kemenangan Tim
Konferensi pers PSM Makassar usai pertandingan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar sukses mengalahkan tamunya PS Tira Persikabo dengan skor meyakinkan 2-0 pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019).

Pelatih PSM, Darije Kalezic menyebut jika absennya 6 pemain pilar PSM di laga ini justru jadi berkah tersendiri. Sebab, katanya, kondisi tersebut memaksanya untuk melakukan rotasi pemain yang akhirnya justru membuahkan hasil yang cukup positif.

"Kita kehilangan 6 pemain di line up dan tidak bisa dimainkan pada pertandingan ini. Tapi saya menaruh kepercayaan kepada para pemain yang menggantikan posisi mereka tentang bagaimana seharusnya kita bermain. Cara kita bermain semakin jelas dan dipahami oleh para pemain. Dan itu ditunjukkan pada hari ini dari menit awal hingga akhir," ungkap Darije dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Diketahui, rotasi yang dilakukan oleh Darije di pertandingan ini di antaranya dengan menurunkan dua pemain muda sebagai starter, yakni Rizky Eka Pratama dan Firza Andika. Rizky menggantikan posisi Zulham Zamrun sebagai penyerang sayap, sementara Firza mengisi pos bek kiri yang ditinggalkan Beny Wahyudi.

Darije juga menurunkan Ferdinand Sinaga sejak menit awal akibat absennya Amido Balde yang mengalami cedera. Dua pemain lainnya, yakni Ezra Walian dan Aji Kurniawan juga turut menjalani debutnya di laga ini sebagai pemain pengganti.

Pada babak pertama, kata Darije, anak asuhnya mengontrol pertandingan dengan cukup bagus dan menciptakan banyak peluang. Arsitek asal Bosnia Herzegovina itu pun menyayangkan timnya tak unggul lebih dari dua gol dibabak pertama.

"Pada babak pertama, kita mengontrol pertandingan dengan ball possesion dan membukukan begitu banyak peluang. Satu hal yang kita tidak lakukan dengan baik adalah kita tidak mencetak lebih dari satu gol dibabak pertama," jelasnya.

"Pada 15 sampai 20 menit babak kedua, penampilan kita sedikit menurun. Namun, kita tetap mampu membuat 2 sampai 3 peluang yang 100 persen seharusnya bisa jadi gol," tambah Darije.

loading...

Peluang-peluang yang diperoleh tim Juku Eja itu, kata Darije, gagal membuahkan hasil akibat tangguhnya lini pertahanan Tira Persikabo. 

Oleh karena itu, Darije mengaku sangat respek terhadap Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan yang sejauh ini meracik timnya dengan sangat baik dalam setiap pertandingan yang dilakoni Laskar Padjajaran, julukan Tira Persikabo.

"Saya memberikan respek yang besar kepada kolega saya, Pelatih PS Tira, Rahmad Darmawan. Bagaimana dia bekerja hingga PS Tira menjadi tim yang sangat kuat. Tim yang mempunyai kualitas yang dibutuhkan layaknya sebuah tim," kuncinya.

Sementara itu, gelandang PSM, Rizky Pellu mengungkapkan rasa syukurnya usai kembali merebut tiga poin dikandang sendiri. Gelandang Timnas senior Indonesia ini berharap kemenangan atas Tira Persikabo akan menjadi momentum kebangkitan bagi PSM untuk menatap laga-laga selanjutnya.

"Alhamdulillah, kita bisa dapat hasil maksimal malam ini. Semua pemain bermain dengan kepercayaan diri tinggi dan penuh semangat. Apa yang diinstruksikan pelatih kita jalankan semua dengan baik dilapangan. Semoga dengan kemenangan ini kita bisa lebih semangat lagi menghadapi pertandingan selanjutnya," demikian Pellu.

Sekadar diketahui, kemenangan atas Tira Persikabo mengantar PSM naik satu strip ke peringkat ke-8 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan torehan 27 poin hasil dari 16 kali bertanding. Poin PSM sama dengan Arema FC dan Persipura Jayapura yang masing-masing menempati peringkat ke-6 dan ke-7 klasemen sementara.

Sementara bagi Tira Persikabo, kekalahan ini tak mengubah posisinya di peringkat ke-2 klasemen sementara dengan torehan 34 poin hasil dari 19 kali bertanding.

Loading...
Loading...