Kamis, 19 September 2019 21:35 WITA

Gol Cantik Ferdinand Lengkapi Kemenangan PSM vs Tira Persikabo, Skor 2-0

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
Gol Cantik Ferdinand Lengkapi Kemenangan PSM vs Tira Persikabo, Skor 2-0
Ferdinand Sinaga mencetak gol kedua bagi PSM Makassar melawan Tira Persikabo, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertandingan antara PSM Makassar menjamu PS Tira Persikabo pada laga pekan ke-19 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam (19/9/2019) telah berakhir.

Hasilnya, PSM berhasil unggul dengan skor meyakinkan 2-0. Kedua gol PSM masing-masing dicetak oleh kapten kesebelasan, Willem Jan Pluim pada menit ke-39 serta Ferdinand Sinaga pada menit ke-66.

Mengawali babak pertama, PSM langsung mengambil inisiatif menyerang. Mengandalkan kombinasi pemain senior dan pemain muda, tim Juku Eja langsung merepotkan lini pertahanan anak asuh Rahmad Darmawan tersebut.

Peluang pertama PSM didapatkan pada menit ke-2 saat umpan lambung Rizky Eka Pratama disambut dengan sundulan kepala Ferdinand Sinaga. Sayangnya, sundulan Ferdinand masih membentur mistar gawang bagian atas Tira Persikabo.

Berselang satu menit kemudian, giliran M Rahmat yang melepaskan umpan crossing kepada Ferdinand didalam kotak penalti. Sayang, sundulan Ferdinand masih lemah dan berhasil diamankan oleh penjaga gawang Tira Persikabo, Angga Saputra.

Pada menit ke-13, PSM kembali memperoleh peluang dari sepak pojok kapten PSM, Willem Jan Pluim. Namun, sepakan Aaron Evans yang maju kedepan membantu penyerangan hanya menyamping disisi kiri gawang Tira Persikabo.

Di 15 menit awal babak pertama, PSM tampak mendominasi pertandingan. Willem Jan Pluim dan Rizky Eka Pratama beberapa kali melakukan terobosan-terobosan berbahaya kedalam kotak penalti Tira Persikabo.

Pada menit ke-17, tuan rumah kembali memperoleh peluang emas setelah Ferdinand memberikan assist kepada M Rahmat didalam kotak penalti. Sayang, tendangan Rahmat yang sudah berhadapan dengan kiper Tira Persikabo masih melambung tipis diatas mistar gawang.

Ferdinand lagi-lagi gagal memanfaatkan peluangnya pada menit ke-21. Berawal dari umpan lambung Hasim Kipuw disambar dengan sundulan kepala oleh The Dragon, julukan Ferdinand. Sayang, sundulan Ferdinand kembali melambung diatas gawang.

Dua menit kemudian, aksi solo run Willem Jan Pluim kembali mengancam gawang Tira Persikabo. Namun, sepakan Pluim dari dalam kotak penalti masih melebar disisi kanan gawang Angga Saputra.

Pada menit ke-33, Marc Klok melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hanya saja, tendangan Klok masih melebar disisi kiri gawang Tira Persikabo. Empat menit kemudian, giliran tendangan keras M Rahmat setelah melakukan solo run juga melebar disisi kanan gawang.

Serangan bergelombang PSM akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39 setelah kapten PSM, Wiljan Pluim mencetak gol untuk membawa timnya unggul. Gol Pluim tersebut berawal dari assist Rahmat kedepan kotak penalti. 

Umpan Rahmat langsung disambut dengan tembakan keras mendatar oleh Pluim ke arah pojok kanan bawah gawang Tira Persikabo hingga memperdaya Angga Saputra. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM.

Setelah tertinggal, Tira Persikabo mencoba melakukan serangan demi serangan. Peluang pun didapatkan Tira Persikabo melalui tendangan bebas Ciro Alves pada menit ke-41. Beruntung, penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit masih sigap menahan tembakan keras Ciro dengan kaki kanannya.

Di injury time babak pertama, PSM tercatat dua kali membahayakan gawang Tira Persikabo melalui pergerakan Pluim dan Ferdinand. Sayang, tak ada lagi gol tambahan tercipta.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan PSM tak mengalami perubahan.

Memasuki babak kedua, PSM langsung kembali mengambil alih kendali permainan. 

Loading...

Ferdinand dan Pluim secara bergantian mengancam gawang Tira Persikabo. Hanya saja, keduanya gagal pada penyelesaian akhir.

Pada menit ke-51, peluang emas kembali diperoleh Ferdinand. Umpan lambung Pluim membuat Ferdinand tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Tira Persikabo, Angga Saputra. Sayang, sontekan Ferdinand masih dapat diblok dengan baik oleh Angga Saputra.

Satu menit kemudian, giliran Tira Persikabo mengancam lewat aksi ciamik Ciro Alves menerobos lini pertahanan PSM. Sayang, sepakan Ciro masih terlampau lemah dan berhasil diamankan dengan baik oleh Rivky Mokodompit.

Pada menit ke-57, giliran Guntur Triaji yang mengancam gawang PSM lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Beruntung, Rivky masih sigap menepis tendangan tersebut keluar lapangan sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Pada pertengahan babak kedua, Tira Persikabo nampak lebih banyak menguasai bola. Ciro Alves, Loris Arnaud dan Muhammad Guntur Triaji secara bergantian mengancam gawang Rivky Mokodompit. 

Sektor bek kiri nampak menjadi titik lemah PSM di babak kedua. 

Firza Andika yang diplot mengisi kekosongan yang ditinggalkan Beny Wahyudi nampak masih canggung menjalankan tugasnya.

Keasyikan menyerang, Tira Persikabo justru harus kebobolan kembali pada menit ke-66 melalui sontekan kaki kiri Ferdinand Sinaga. 

Gol tersebut berawal dari assist Rizky Eka Pratama dari pertahanan sebelah kiri Tira Persikabo. Umpan lambung Rizky disambut dengan tendangan kaki kiri oleh Ferdinand yang bersarang dipojok kiri bawah gawang Angga Saputra. 

Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan PSM.

Pada menit ke-77, Ezra Walian menjalani debutnya bersama PSM di Liga 1 2019. Penyerang naturalisasi itu masuk menggantikan Rizky Eka Pratama. 

Firza Andika yang tampil kurang baik dibabak kedua juga ditarik keluar digantikan oleh Taufik Hidayat. Satu pergantian PSM lainnya adalah Muh Aji Kurniawan yang juga menjalani debutnya di laga ini dengan masuk menggantikan M Rahmat.

Masuknya ketiga pemain tersebut tak banyak mempengaruhi permainan PSM. Pada injury time babak kedua, tercatat hanya Ferdinand yang dua kali mendapatkan peluang emas. Sayang, Ferdinand tak dapat berbuat banyak akibat penjagaan ketat lini belakang Tira Persikabo yang dikomandoi Abduh Lestaluhu dan Rifad Marasabessy.

Di penghujung pertandingan, Tira Persikabo menguasai pertandingan dan beberapa kali mengancam gawang PSM. Sayangnya, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 untuk keunggulan PSM tak mengalami perubahan.

Loading...
Loading...