Rabu, 11 September 2019 18:43 WITA

Takluk 0-1 dari PSIS, Rekor Tak Terkalahkan PSM di Kandang Putus

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Takluk 0-1 dari PSIS, Rekor Tak Terkalahkan PSM di Kandang Putus

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertandingan antara PSM Makassar menjamu PSIS Semarang pada laga tunda pekan ke-11 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu sore (11/9/2019) telah berakhir.

Hasilnya secara mengejutkan, PSM takluk dari PSIS dengan skor tipis 0-1. Gol semata wayang anak asuh Bambang Nurdiansyah tersebut dicetak oleh Heru Setyawan pada menit ke-64.

Di awal babak pertama, PSM langsung mengambil inisiatif menyerang. Duet M Rahmat dan Amido Balde langsung mencoba menekan pertahanan Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS.

Peluang pertama didapatkan tuan rumah pada menit ke-7 lewat Zulham Zamrun. Zulham melakukan placing cantik dari sebelah kiri pertahanan PSIS. Beruntung, sontekan Zulham masih membentur bagian atas mistar gawang PSIS yang dikawal penjaga gawang, Jandia Eka Putra.

Giliran PSIS mengancam gawang PSM pada menit ke-13. Beruntung tendangan bebas Septian David Maulana dari dekat kotak penalti masih dapat ditepis oleh penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit.

Pada menit ke-19, PSM kembali mendapatkan peluang emas saat Zulham Zamrun dijatuhkan oleh Frendi Saputra tipis diluar kotak penalti. Sayangnya, tak ada pemain PSM yang menyambut tendangan bebas dari kapten PSM, Willem Jan Pluim yang ditunjuk menjadi eksekutor.

Pada pertengahan babak pertama, tempo permainan cenderung monoton dan kurang berkembang. Kedua kesebelasan lebih banyak memainkan si kulit bundar di lapangan tengah.

Pada menit ke-32, PSIS mendapatkan peluang emas melalui serangan balik cepat. Hari Nur Yulianto yang mendapatkan kesempatan melakukan shooting keras dari luar kotak penalti. Beruntung, Rivky masih sigap dibawah mistar gawang dan berhasil menepis tendangan keras tersebut keluar lapangan.

Pada menit ke-34, giliran PSM yang mengancam gawang PSIS. Kerjasama apik antara Amido Balde, Zulham Zamrun dan M Arfan diakhiri dengan tendangan keras Arfan ke arah gawang. Sayangnya, tendangan Arfan masih dapat di blok oleh pemain belakang PSIS yang berdiri di dalam kotak penalti.

Pada 10 menit akhir babak pertama, justru PSIS yang banyak mengancam gawang PSM. Septian David Maulana dan Claudir Marini Junior bergantian melakukan terobosan dan gerakan membahayakan lini pertahanan PSM.

Absennya Marc Klok di lini tengah tim Juku Eja nampak sangat terasa. Raphael Maitimo dan Willem Jan Pluim harus bersusah payah membendung lini tengah PSIS yang tampil apik. Beruntung, penampilan Aaron Evans dan Beny Wahyudi di lini belakang PSM masih cukup bagus untuk jadi tumpuan.

Loading...

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, tak ada satupun gol yang tercipta. Skor imbang 0-0  pun mewarnai laga hingga turun minum.

Usai turun minum, PSM melakukan pergantian pemain. M Arfan yang tampil kurang maksimal pada babak pertama ditarik keluar digantikan oleh Rizky Pellu yang telah kembali dari Timnas Indonesia.

PSM pun langsung menggebrak pertahanan PSIS. Wajar saja, Willem Jan Pluim cs butuh kemenangan untuk memperbaiki posisinya di klasemen sementara Liga 1 2019.

PSM mendapatkan peluang pertama usai turun minum pada menit ke-48 melalui aksi solo run Amido Balde. Sayangnya, aksi Balde tersebut tidak diakhiri dengan penyelesaian yang baik. Penjaga gawang PSIS, Jandia Eka Putra berhasil mengambil bola dari kaki mantan striker Persebaya Surabaya tersebut. PSM pun kembali gagal mencetak gol.

Petaka untuk PSM datang pada menit ke-64. PSIS mampu membuat seluruh suporter PSM yang memadati stadion terdiam saat Heru Setyawan berhasil mencetak gol. Gol tersebut berawal dari kesalahan Aaron Evans yang gagal membuang bola dari luar kotak penalti. Sapuannya justru jatuh di kaki Heru Setyawan yang dengan tenang menceploskan bola ke gawang Rivky Mokodompit. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSIS.

Setelah tertinggal, PSM memasukkan Ferdinand Sinaga menggantikan Raphael Maitimo yang tampil melempem di lini tengah. Selain itu Abdul Rahman juga ditarik keluar digantikan oleh Rasyid Bakri.

Masuknya kedua pemain tersebut, membuat serangan PSM kembali hidup. Pada menit ke-74, tendangan bebas Willem Jan Pluim nyaris mengoyak jala gawang PSIS. Sayang, tendangan Pluim masih membentur mistar gawang PSIS.

Pada menit ke-79, tendangan Amido Balde dari depan kotak penalti pun melambung jauh di atas mistar gawang PSIS. Sundulannya di injury time juga bernasib sama, melambung di atas gawang Jandia Eka Putra.

Meski memborbardir pertahanan PSIS di penghujung babak kedua, tak ada satupun gol yang berhasil dicetak oleh Pasukan Ramang. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu PSIS tak berubah.

Kekalahan ini sekaligus memutus rekor PSM yang selama ini belum pernah terkalahkan di kandang sendiri sejak bergulirnya Liga 1 2019. Kekalahan dari PSIS merupakan kekalahan perdana PSM di markas sendiri musim ini.

Loading...
Loading...