Rabu, 04 September 2019 15:56 WITA

FIFA Resmi Luncurkan Logo Piala Dunia 2022 Qatar, Ini Maknanya

Editor: Nur Hidayat Said
FIFA Resmi Luncurkan Logo Piala Dunia 2022 Qatar, Ini Maknanya
Foto: Gabriel Bouys/AFP.

RAKYATKU.COM - FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 Qatar. Logo itu kental dengan nuansa Arab.

Peluncuran logo Piala Dunia 2022 berlangsung di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019) malam waktu setempat. 

Peluncuran logo diproyeksikan ke sejumlah bangunan ikonik di Qatar, seperti Burj Doha dan Katara Cultural Village Amphitheatre.

Kota-kota besar di beberapa negara juga merayakan peluncuran logo Piala Dunia 2022. Gambar logo terlihat di lokasi terkenal, di antaranya di Buenos Aires, London, Johannesburg, Madrid, hingga Seoul.

Logo Piala Dunia 2022 berbentuk angka delapan. Itu mewakili jumlah stadion yang akan dipakai selama turnamen. Logo juga menyerupai bentuk trofi Piala Dunia.

Loading...

"Desain simbol menjadi pengejawantahan visi dari event yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia, juga menampilkan unsur-unsur yang mencolok dari budaya lokal dan regional Arab dan juga jadi kiasan untuk permainan yang indah," demikian bunyi pernyataan FIFA di situs resminya.

Lengkungan di logo mewakili bukit-bukit gurun pasir yang bergelombang. Bentuk utama dari logo juga terinspirasi dari syal tradisional Arab. Syal yang identik dengan musim dingin selaras dengan bulan digelarnya Piala Dunia 2022 yakni November-Desember.

Pola bunga di bagian bawah logo mewakili kekayaan seni tradisional Timur Tengah. Di bagian atas ada gambar bola yang diapit dua titik yang merupakan salah satu simbol dari huruf Arab.

Jenis huruf yang digunakan untuk melengkapi logo mengambil inspirasi dari kaligrafi Arab dengan sedikit sentuhan modern. Piala Dunia 2022 akan digelar pada 21 November-18 Desember.

Loading...
Loading...