Kamis, 29 Agustus 2019 15:32 WITA

Drawing Fase Grup Liga Champions 2019/2020: Menanti Perjalanan Ringan atau Berat Juara Bertahan

Editor: Nur Hidayat Said
Drawing Fase Grup Liga Champions 2019/2020: Menanti Perjalanan Ringan atau Berat Juara Bertahan

RAKYATKU.COM - Liga Champions 2019/2020 telah mendapatkan 32 kontestan. Itu dipastikan setelah kelolosan Ajax, Slavia Praha, dan Club Brugge lolos kualifikasi, Kamis (29/8/2019) dinihari WIB. 

Mereka melengkapi tiga tim lain yakni Dinamo Zagreb, Red Star Belgrade, dan Olympiakos yang lebih dahulu mengunci tiket babak grup dari jalur kualifikasi.

Seluruh 32 tim telah dibagikan ke dalam empat pot sesuai dengan koefisien mereka. Liverpool, Chelsea, Barcelona, Manchester City, Juventus, Bayern Munich, Paris Saint-Germain, dan Zenit St Petersburg menempati pot pertama.

Pot ini berisi juara bertahan, juara Liga Europa, dan para juara liga. Undian fase grup akan digelar di Grimaldi Forum, Monako, Kamis (29/8/2019) pukul 18.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 23.00 WIB. 

Tim-tim dari asosiasi alias negara yang sama tak bisa tergabung dalam satu grup di babak ini. Undian bisa disaksikan secara live streaming di situs resmi UEFA. Atalanta adalah satu-satunya debutan di fase grup kompetisi musim ini.

Salah satu yang dinanti adalah Liverpool yang jadi salah satu unggulan teratas Liga Champions 2019/2020. Namun, dari fase grup jalan berat bisa saja mengadang The Reds.

Di fase grup, klub dari negara yang sama tidak akan saling berhadapan. Berarti The Reds tidak akan berhadapan dengan Tottenham (pot 2). Namun, Liverpool punya potensi bertemu dengan klub-klub raksasa Eropa lainnya yang tersebar di pot 2, 3, atau 4.

Loading...

Mereka bisa dipertemukan dengan Real Madrid atau Atletico Madrid yang berkumpul di pot 2. Dari pot 3, ada Inter Milan yang bisa mengancam. Usai melakukan belanja bear plus mendatangkan Antonio Conte, Nerazzurri layak diperhitungkan di Liga Champions musim ini.

Pot 4 yang berisi klub-klub paling tidak diunggulkan pun masih mungkin menghadirkan lawan menyulitkan. Itu akan terjadi bila The Reds ternyata harus berbagi grup dengan Lokomotif Moscow. Perjalanan panjang ke Russia akan memberatkan tim asuhan Juergen Klopp.

Liverpool juga mungkin juga dinaungi nasib baik dan dipertemukan dengan tim-tim yang relatif lebih lemah. Dari Pot 2, ada Benfica yang mungkin sangat diharapkan untuk jadi salah satu lawan di fase grup.

Sementara dari Pot 3 ada Club Brugge yang bisa dianggap sebagai lawan paling lemah. Wakil Belgia itu berada di fase grup via jalur playoff. Terakhir, dari Pot 4 ada Slavia Praha yang diprediksi tak akan bisa berbuat banyak di hadapan Liverpool.

Skenario Grup Berat Liverpool
Liverpool
Real Madrid
Inter Milan
Lokomotif Moscow

Skenario Grup Ringan Liverpool
Liverpool
Benfica
Club Brugge
Slavia Praha

Loading...
Loading...