Rabu, 28 Agustus 2019 14:26 WITA

CEO PSM Makassar Ungkap Alasan Utama Rekrut Raphael Maitimo

Penulis: Rizal
Editor: Mulyadi Abdillah
CEO PSM Makassar Ungkap Alasan Utama Rekrut Raphael Maitimo
Raphael Maitimo saat meneken kontrak dengan PSM Makassar, pada Rabu (28/8/2019). Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Manajemen PSM Makassar resmi memperkenalkan Raphael Maitimo sebagai pemain baru dalam bursa transfer paruh musim ini. Penandatanganan kontrak serta perkenalan gelandang naturalisasi itu dilakukan di Hotel Century Park, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin pun membeberkan alasan utama merekrut pemain berusia 35 tahun itu. Menurut Appi, sapaan karibnya, Maitimo dipinang PSM karena kemampuannya bermain di sejumlah posisi. Maitimo dikenal sebagai pemain multifungsi.

Pemain naturalisasi berdarah Belanda itu bisa berperan sebagai gelandang serang, gelandang bertahan, winger, atau bahkan bek tengah atau stopper jika dalam keadaan darurat. Selain posisi tersebut, mantan gelandang Timnas Indonesia itu juga ternyata piawai memainkan peran sebagai seorang penyerang jika dibutuhkan.

"Kita mencari pemain yang bisa berfungsi dibeberapa tempat atau posisi. Saya melihat dan berdiskusi dengan tim kepelatihan lalu kita memutuskan bahwa salah satu orang yang tepat mengisi itu adalah Raphael Maitimo," ungkap Appi usai memperkenalkan Maitimo.

Wajar saja, jika PSM mencari pemain yang bisa mengisi lebih dari satu posisi. Sebab kedepannya, sejumlah pilar Juku Eja bakal sering absen, terutama pemain di posisi yang bisa ditempati Maitimo.

Loading...

Sebut saja Bayu Gatra dan Guy Junior yang harus menepi dan beristirahat panjang akibat cedera. Belum lagi Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia, ditambah pemain muda Firza Andika yang juga dipanggil ikut TC Timnas U-23.

Kehadiran Maitimo juga diperlukan untuk meminimalisir ketergantungan PSM di lini tengah kepada duet Willem Jan Pluim dan Marc Klok.

"Di jendela transfer paruh musim seperti ini memang cenderung agak susah mencari pemain karena hampir seluruh pemain terikat kontrak full dengan klubnya. Sementara saat ini, PSM membutuhkan pemain di beberapa posisi yang sangat sentral diakibatkan oleh beberapa pemain kita harus absen relatif lama karena cedera dan dipanggil timnas. Syukur, Maitimo bisa bergabung," demikian Appi.

Sekadar diketahui, Maitimo sendiri dikontrak setengah musim oleh PSM atau sampai pada akhir musim Liga 1 2019. Sebelum ke PSM, Maitimo malang melintang disejumlah klub papan atas di Indonesia. Sebut saja Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, hingga Persib Bandung. Terakhir, mantan pemain Feyenoord itu didepak bersama 11 pemain lainnya oleh klub Liga 2, PSIM Yogyakarta.

Loading...
Loading...