Senin, 19 Agustus 2019 10:08 WITA

Kembali Dipanggil Timnas, Ini Rekor Ferdinand Sinaga yang Belum Terpecahkan

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Kembali Dipanggil Timnas, Ini Rekor Ferdinand Sinaga yang Belum Terpecahkan
Ferdinand Sinaga

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Striker PSM Makassar, Ferdinand Alfred Sinaga tidak muda lagi. Sudah 30 tahun. Mengapa masih dipercaya masuk timnas?

Tak banyak yang tahu, walau performanya mulai menurun, Ferdinand punya catatan bagus di Timnas senior Indonesia. Salah satu rekornya belum terpecahnya sejauh ini.

Pada Asian Games XVII/2014 di Incheon, Korea Selatan, Ferdinand membuat rekor sebagai pencetak gol terbanyak cabang sepak bola pria. Dia menyarangkan enam gol kala itu.

Dua pesaingnya seperti striker Korea Utara, Jong Il-Gwam dan striker Thailand, Adisak Kraisorn hanya mampu mengemas lima gol hingga event berakhir.

"Saya senang bisa jadi top scorer di Asian Games," kata Ferdinand kala itu.

Bukan hanya itu, koleksi enam golnya di Asian Games 2014 ini, Ferdinand berhasil membawa Indonesia menyamai torehan timnas di Asian Games 1954 di Filipina. 

Jumlah gol inilah yang menyamai torehan timnas Indonesia kala itu. Jumlah ini juga hanya kalah dari rekor timnas di 1958 dengan 13 gol. 
Sayangnya, timnas U-23 gagal memenuhi ambisinya untuk menjadi juara di Asian Games 2014 setelah di babak 16 besar mengalami kekalahan atas Korea Utara dengan skor 1-4

Loading...

Empat tahun berikutnya, pada Asian Games 2018, tak satu pun pemain yang mampu mencetak enam gol. Top skor diraih Hwang Ui-jo dari Korea Selatan dengan empat gol.

Kini, walau jarang diturunkan, Ferdinand Sinaga masih menunjukkan kelasnya sebagai striker tajam. Golnya ke gawang Barito Putera jadi salah satu buktinya.

Itu sebabnya, pelatih Timnas Indonesia, Simon Mcmenemy memberi kesempatan kepada Ferdinand untuk menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Stadion Pakansari, Bogor, mulai 21 Agustus 2019.

TC ini digelar untuk persiapan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk putaran ketiga. Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia dan Thailand secara berurutan pada awal September mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

"Saya senang sekali setelah tiga tahun saya absen di timnas," ungkap Ferdinand usai laga PSM melawan Persib Bandung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu malam (18/8/2019).

"Harapan saya semoga bisa memberikan yang terbaik karena sudah dipercaya untuk bergabung dengan timnas," lanjut Ferdinand.
 

Loading...
Loading...