Senin, 19 Agustus 2019 08:42 WITA

Bangga Dua Pemainnya Dipanggil Timnas, Pelatih PSM: Biar 10 Pemain Kalau Mereka Mau

Penulis: Rizal
Editor: Adil Patawai Anar
Bangga Dua Pemainnya Dipanggil Timnas, Pelatih PSM: Biar 10 Pemain Kalau Mereka Mau

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabar gembira datang menghampiri dua punggawa PSM Makassar, Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga. Pelatih Tim Nasional Indonesia, Simon McMenemy mencantumkan nama mereka dalam daftar 24 pemain yang masuk dalam persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2024 kontra Malaysia dan Thailand pada awal September mendatang.

Keduanya akan ikut bergabung dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Stadion Pakansari, Bogor, mulai 21 Agustus mendatang.

Kebahagiaan tampaknya bukan hanya milik sang pemain, tapi juga turut dirasakan oleh Pelatih PSM, Darije Kalezic. Walaupun, kata Darije, dirinya belum mendapatkan informasi resmi mengenai pemanggilan kedua pemain pilarnya itu.

"Saya sebenarnya belum tahu tentang pemanggilan pemain-pemain saya. Belum ada seorang pun yang menginformasikan ini kepada saya," kata Darije dalam sesi jumpa pers usai PSM mengalahkan Persib Bandung dengan skor 3-1 di pekan ke-15 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019) malam.

Meskipun demikian, pelatih asal Bosnia Herzegovina itu mengaku bangga ada pemainnya terpilih untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya sempat berkelakar jika tak masalah baginya kalau timnas memanggil pemainnya lebih banyak lagi.

"Yang jelas, siapapun pemain PSM yang dipanggil dan terpilih membela Timnas Indonesia, saya sebagai pelatih sangat merasa bangga. Mereka (timnas) bisa datang dan mengambil 10 pemain saya kalau mereka mau," canda Darije.

Sekadar diketahui, baik Ferdinand maupun Rizky Pellu sebelumnya sudah lama absen memperkuat Timnas Indonesia. Ferdinand yang merupakan top skor cabor sepakbola pria Asian Games 2014 itu terakhir kali tampil membela Timnas Indonesia pada AFF Cup 2016, tepatnya final leg kedua kontra Thailand sebagai pemain pengganti.

Loading...

Di level internasional, Ferdinand sejauh ini baru mengumpulkan 19 caps dan belum sekalipun mencetak gol sejak debutnya pada tahun 2011 silam.

Sementara itu, Rizky Pellu tercatat baru empat kali tampil untuk Timnas Indonesia sejak debutnya pada 2014. Sinarnya saat bersama tim U-23 di Asian Games 2014 dan SEA Games 2013 tak serta merta amankan satu tempat di level senior.

Setelah dicoret oleh Alfred Riedl dari seleksi jelang AFF Cup 2016, mantan pemain Mitra Kukar itu harus menunggu selama tiga tahun sebelum kembali berseragam Garuda. Terakhir kali pemain berusia 27 tahun itu memperkuat timnas yakni saat Indonesia melakoni pertandingan uji coba kontra Yordania pada 11 Juni silam.

Di PSM, keduanya merupakan pemain penting di posisinya masing-masing. Namun imbas dari pemanggilan tersebut, PSM bakal kehilangan keduanya dalam beberapa laga lanjutan Liga 1 kedepannya. Diantaranya saat PSM melakukan away untuk menghadapi PSS Sleman (23/8/2019) dan Persija Jakarta (28/8/2019), serta menjamu Persela Lamongan (1/9/2019) mendatang.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Rizky Pellu, Darije Kalezic bisa menjatuhkan pilihannya pada gelandang muda, M Arfan. Selain itu, masih ada nama Rasyid Bakri juga berhak mencicipi menit bermain tambahan. Sedangkan lini depan jadi fokus utama PSM. Semenjak Guy Junior menepi akibat cedera, opsi mengerucut hanya kepada seorang Eero Markkanen.

Loading...
Loading...