Minggu, 18 Agustus 2019 21:31 WITA

Pluim Cetak Dua Gol, PSM Makassar Taklukkan Persib 3-1

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pluim Cetak Dua Gol, PSM Makassar Taklukkan Persib 3-1
Laga PSM Makassar vs Persib Bandung, Minggu (18/8/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya, Persib Bandung dengan skor 3-1 pada pertandingan pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019) malam.

Tiga gol kemenangan PSM masing-masing dicetak oleh kapten kesebelasan, Wiljan Pluim pada menit ke-43 dan 46, serta Zulham Zamrun pada menit ke-44. Sementara itu, satu gol untuk memperkecil ketertinggalan Persib dicetak oleh Ezechiel Ndouasel pada menit ke-48.

Mengawali babak pertama, PSM langsung mengambil inisiatif menyerang. Peluang emas pertama PSM didapatkan pada menit ke-3 melalui tendangan bebas kapten kesebelasan, Wiljan Pluim. Sayangnya, tendangan bebas Pluim dari depan kotak penalti masih dapat diblok oleh penjaga gawang Persib, I Made Wirawan.

Pada menit ke-12, Marc Klok nyaris membahayakan gawang Tim Maung Bandung lewat sundulannya di depan gawang. Hanya saja, sundulan Klok yang diawali dari umpan lambung Pluim itu masih terlampau lemah bagi penjaga gawang Persib.

Pada menit ke-26, giliran Persib mengancam lewat solo run Febri Hariyadi. Beruntung, Abdul Rahman masih dapat menahan pergerakan Febri yang sudah menusuk ke dalam kotak penalti PSM.

Memasuki 15 menit jelang turun minum, Persib memperagakan permainan yang keras. Berulang kali Marc Klok maupun Pluim dilanggar dengan keras ketika menggalang serangan untuk PSM dari lini tengah. Puncaknya, Ezechiel Ndouasel harus diganjar kartu kuning oleh wasit.

Pada menit ke-37, Persib mengancam lewat tendangan bebas Supardi dari sisi kanan pertahanan PSM. Hanya saja  tendangan Supardi tersebut masih dapat ditepis oleh Rivky Mokodompit sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu belasan ribu suporter PSM yang memadati stadion tercipta pada menit ke-43 lewat aksi atraktif Wiljan Pluim. Pluim melakukan aksi solo run dan melewati dua pemain belakang Persib untuk kemudian melakukan sontekan mendatar ke sudut kanan gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk PSM.

Semenit kemudian, atau tepatnya pada menit ke-44, giliran Zulham Zamrun yang menciptakan gol untuk Juku Eja. Berawal dari umpan lambung Abdul Rahman kedepan kotak penalti Persib yang berhasil disambut dengan baik oleh Zulham. Mengecoh satu pemain belakang, Zulham melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang Persib yang gagal dihalau oleh I Made Wirawan. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan PSM.

Usai mencetak gol kedua PSM, Zulham nampak mengangkat kedua tangannya dan tak melakukan selebrasi apapun. Hal ini dilakukannya guna menghormati Persib yang merupakan klub yang sempat membesarkan namanya dikancah sepakbola Indonesia.

Loading...

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah pun tak mengalami perubahan.

Memasuki babak kedua, PSM kembali langsung menggebrak. Hasilnya, gol cepat tercipta lewat tendangan indah melengkung Wiljan Pluim??????? dari luar kotak penalti pada menit ke-46. Tendangan Pluim tersebut bersarang tepat disudut kanan atas gawang Persib. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk PSM.

Berselang dua menit kemudian atau pada menit ke-48, Persib berhasil memperkecil ketertinggalannya lewat gol yang dicetak oleh Ezechiel Ndouasel. Gol tersebut berawal dari tendangan bebas Supardi yang langsung disambut dengan sundulan keras oleh Ndouasel hingga menggetarkan jala gawang PSM yang dikawal Rivky Mokodompit. Skor pun berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan PSM.

Pada menit ke-55, Persib nyaris kembali mencetak gol. Sayangnya, sontekan Ezechiel Ndouasel dari depan kotak penalti masih membentur mistar gawang PSM.

Tuan rumah sendiri kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-65 lewat sundulan kepala Zulham Zamrun. Sayangnya, sundulan Zulham masih melebar tipis disisi kiri gawang Persib.

Pada menit ke-73, PSM nyaris menambah keunggulannya. Sayang, Ferdinand Sinaga yang mendapatkan umpan matang dari M Rahmat tak mampu mengontrol bola dengan baik didepan gawang Persib. Alhasil, kiper Persib I Made Wirawan lebih sigap menguasai si kulit bundar.

Pada 10 menit jelang laga berakhir, Pelatih PSM, Darije Kalezic memberikan suntikan tenaga baru di lini depan dan lini tengah. Eero Markkanen dimasukkan menggantikan Ferdinand Sinaga, Muh Rizky Eka Pratama menggantikan M Rahmat serta M Arfan menggantikan Wiljan Pluim.

Meskipun kedua tim silih berganti melakukan serangan di penghujung babak kedua, namun tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan PSM pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, PSM merangkak naik ke posisi ke-7 klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 19 poin hasil dari 10 kali bertanding. Sementara itu, bagi Persib, kekalahan ini membuat tim Maung Bandung tertahan di posisi ke-11 klasemen sementara dengan meraih 15 poin dari 14 kali bertanding.

Loading...
Loading...