Minggu, 21 Juli 2019 19:04 WITA

Inilah Ryuji Utomo, Pemain Persija yang Bikin PSM Harus Berjuang Keras di Makassar

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Inilah Ryuji Utomo, Pemain Persija yang Bikin PSM Harus Berjuang Keras di Makassar
Ryuji Utomo

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah Persija Jakarta dengan skor tipis 0-1 pada leg pertama babak final Piala Indonesia 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Gol tunggal penentu kemenangan Macan Kemayoran dipersembahkan pemain pengganti, Ryuji Utomo pada menit ke-87. Gol ini menjadi modal berharga bagi Persija kala melawat ke markas PSM di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, 28 Juli mendatang.

Di awal babak pertama, tuan rumah Persija Jakarta mampu mengontrol pertandingan lebih baik. Lini tengah Macan Kemayoran yang dihuni oleh Bruno Matos, Sandi Sute, dan Rohit Chand mampu tampil lebih mendominasi ketimbang lini tengah PSM yang diisi Rasyid Bakri, Rizky Pellu, dan Marc Klok.

Peranan lini tengah yang tampil cukup apik tersebut membawa Persija lebih mudah melancarkan serangan demi serangan. Sejumlah peluang pun didapatkan oleh Marko Simic, Rohit Chand, maupun Ismed Sofyan.

Hanya saja, ketatnya lini pertahanan PSM mampu menyulitkan para pemain depan Persija untuk mencetak gol. Sejumlah percobaan serangan yang dilakukan oleh Persija kerap mati di kotak penalti PSM. Baik Abdul Rahman maupun Aaron Evans begitu disiplin dalam mengawal Marko Simic dan Bruno Matos.

PSM sendiri bukannya tanpa peluang pada babak pertama. Sebuah peluang emas didapatkan PSM lewat Rahmat pada lima menit terakhir babak pertama. Namun, penyelesaian Rahmat belum maksimal. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Loading...

Memasuki babak kedua, tim Juku Eja mulai lepas dari tekanan tuan rumah. Lewat pemain sayap, seperti Rahmat dan Zulham Zamrun, PSM mencoba membuat peluang dengan mengirimkan umpan kepada Guy Junior yang berada di ujung tombak.

PSM membuat peluang emas lewat Guy Junior pada menit ke-70. Guy tinggal berhadapan dengan Shahar Ginanjar setelah mengecoh lini pertahanan Persija. Sayang, sepakan Guy masih bisa ditepis oleh Shahar Ginanjar.

Pertandingan nampak akan berakhir dengan imbang tanpa gol sebelum akhirnya Persija memecah kebuntuan pada menit ke-87. Persija berhasil mengoyak jala gawang PSM lewat tembakan Ryuji Utomo. Umpan sepak pojok Riko Simanjuntak disambut baik oleh Ryuji, yang masuk menggantikan Maman Abdurrahman. Gol tersebut akhirnya menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Persija tak berubah. Hasil keunggulan satu gol ini menjadi modal Persija kala bersua kembali PSM di Makassar pada leg kedua babak final Piala Indonesia 2019, Minggu (28/7/2019) mendatang.

Kans PSM sendiri untuk menjuarai Piala Indonesia 2019 tetap terbuka lebar. Marc Klok dan kawan-kawan butuh kemenangan dengan selisih minimal dua gol untuk memastikan gelar tersebut.

Loading...
Loading...