Rabu, 17 Juli 2019 21:32 WITA

Ferdinand Jadi Pahlawan, PSM Tekuk Persebaya 2-1

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Ferdinand Jadi Pahlawan, PSM Tekuk Persebaya 2-1
Suasana pertandingan babak kedua PSM vs Persebaya di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Rabu, 17 Juli 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya Persebaya Surabaya, dengan skor tipis 2-1 pada laga pekan ke sembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (17/7/2019) malam.

PSM terlebih dahulu unggul lewat gol Guy Junior pada menit ke-17. Sementara itu, Persebaya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-41 lewat gol Irfan Jaya. Gol penentu kemenangan PSM dilesakkan oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-68.

Memulai babak pertama, PSM langsung mengambil inisiatif menyerang. Kombinasi M Rahmat, Guy Junior dan Bayu Gatra di lini depan PSM berhasil merepotkan lini belakang Persebaya di 15 menit babak pertama.

Pada menit ke-11 dan menit ke-13, Bayu Gatra melepaskan dua tembakan berbahaya dari luar kotak penalti. Meski on target, namun tendangan Bayu masih terlampau lemah bagi kiper Persebaya, Miswar Saputra.

Setelah beberapa kali melancarkan serangan, PSM akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-17 melalui sundulan kepala Guy Junior. Gol tersebut berawal dari assist Wiljan Pluim yang mengirimkan umpan terukur kepada Guy di dalam kotak penalti.

Dengan tenang, Guy menyundul bola dan memperdayai kiper Persebaya, Miswar Saputra. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tim Juku Eja.

Setelah unggul, Pasukan Ramang tak mengendorkan serangannya. Tercatat Bayu Gatra dan Marck Klok beberapa kali mengancam gawang tim Bajul Ijo.

Pada menit ke-26, Persebaya nyaris menyamakan kedudukan. Namun, tendangan keras Damian Lizio dari luar kotak penalti masih melayang tipis di atas mistar gawang PSM yang dikawal Hilmansyah. 

Dua menit berselang, giliran Amido Balde yang mengancam gawang PSM. Sayang, sundulan kepalanya juga masih melambung diatas mistar gawang.

Usaha tak kenal menyerah yang ditunjukkan pemain Persebaya akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-41, Irfan Jaya berhasil menjebol gawang Hilmansyah. Gol tersebut berawal dari assist terukur Manu Jalilov di dalam kotak penalti PSM. Dengan tenang, Irfan Jaya menyontek bola ke dalam gawang PSM. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Irfan Jaya yang merupakan striker asal Sulsel dan juga mantan pemain PSM U-21 itu tampak tak melakukan selebrasi. Dirinya hanya menunjukkan gesture meminta maaf kepada puluhan ribu suporter PSM yang memadati stadion.

Pada menit ke-44, Wiljan Pluim nyaris membawa PSM unggul. Hanya saja tendangannya masih terlampau lemah dan berhasil diamankan oleh penjaga gawang Persebaya, Miswar Saputra.

Hingga wasit Nusur Fadilah meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor imbang 1-1 tak berubah.

Loading...

Memasuki babak kedua, PSM melakukan pergantian pemain. Bayu Gatra ditarik keluar digantikan oleh Ferdinand Sinaga.

Masuknya Ferdinand, berhasil menambah daya gedor tim Juku Eja. Pada menit ke-48, tendangan keras Wiljan Pluim dari luar kotak penalti nyaris membobol gawang Persebaya. 

Beruntung, kiper Persebaya, Miswar Saputra masih sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-55, lagi-lagi PSM nyaris unggul. Sayangnya, tendangan Guy Junior dari luar kotak penalti masih berhasil dijinakkan oleh Miswar Saputra.

Pada menit ke-61, M Arfan nyaris membawa PSM unggul. Berawal dari assist Wiljan Pluim kepada Arfan yang berdiri bebas di dalam kotak penalti Persebaya. Sayang tendangan Arfan masih melebar disisi kiri gawang Persebaya.

Pada menit ke-63, giliran Ferdinand Sinaga yang mengancam gawang tim Bajul Ijo. Namun, tendangan The Dragon masih dapat diblok dengan baik oleh kiper Persebaya.

Akhirnya, pada menit ke-68 gol yang ditunggu-tunggu oleh suporter PSM tiba. Ferdinand Sinaga berhasil mengoyak jala gawang Persebaya lewat sundulan kerasnya ke pojok kanan gawang. Gol tersebut berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh M Rahmat. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan PSM.

Pada 15 menit terakhir jelang berakhirnya pertandingan, PSM kembali melakukan pergantian pemain. Rizky Pellu dimasukkan untuk menggantikan M Arfan, serta Rasyid Bakri masuk menggantikan M Rahmat. Sementara itu, Persebaya juga melakukan tiga kali pergantian pemain untuk melakukan penyegaran.

Persebaya sendiri bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-77, Misbakus Solikin melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih melambung tipis diatas mistar gawang PSM yang dikawal Hilmansyah.

Memasuki detik-detik akhir jelang laga berakhir, PSM nyaris menambah keunggulan setelah terjadi kemelut didepan gawang Persebaya pada menit ke-88. Namun, penyelesaian akhir lini depan Juku Eja belum membuahkan hasil.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-1 untuk keunggulan PSM tak berubah. Hasil ini membawa PSM mengumpulkan 13 poin dari 6 kali pertandingan.

Loading...
Loading...