Sabtu, 13 Juli 2019 18:53 WITA

Gol Penentu Ferdinand Sinaga Bawa PSM Kalahkan Bhayangkara FC 2-1

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Gol Penentu Ferdinand Sinaga Bawa PSM Kalahkan Bhayangkara FC 2-1
Ferdinand Sinaga jadi pahlawan kemenangan PSM Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya Bhayangkara FC dengan skor 2-1 pada laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu sore (13/7/2019).

Pada babak pertama, kedua tim bermain imbang 1-1. Bhayangkara FC lebih dahulu unggul melalui gol yang dicetak oleh Anderson Salles pada menit ke-12. Sementara itu, gol penyama kedudukan oleh PSM dicetak oleh Marc Klok pada injury time babak pertama lewat tendangan penalti.

Pada 10 menit awal babak pertama, tuan rumah PSM mendominasi pertandingan. Namun penyelesaian yang buruk menjadikan sejumlah peluang gagal berbuah gol.

Keasyikan menyerang, PSM justru kebobolan pada menit ke-12 setelah Anderson Salles mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan free kick yang dieksekusi oleh Flavio Beck Junior. Kedudukan menjadi 1-0 untuk Bhayangkara FC.

Setelah tertinggal satu gol, PSM berupaya mencari gol penyeimbang. Tempo permainan juga meningkat. Sejumlah kartu kuning pun harus dikeluarkan oleh wasit Hamim Tohari, masing-masing untuk Lee Yujun dan Adam Alis.

Pada menit ke-41, tendangan Pluim dari luar kotak penalti masih dapat diblok oleh penjaga gawang Bhayangkara FC, Awan Setho. Begitupula pada menit ke-44 assist cantik Rasyid Bakri ke Pluim juga masih dapat ditangkap dengan baik oleh Awan Setho.

Gol penyeimbang PSM lahir pada menit ke-45+2. PSM mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat Ferdinand Sinaga dilanggar oleh Jajang Mulyana.

Penalti dieksekusi dengan baik oleh Marc Klok dan sukses menjebol gawang Awan Setho pada menit ke-45+3. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama selesai.

Selepas turun minum, PSM melakukan pergantian pemain. Rasyid Bakri ditarik keluar digantikan oleh Zulham Zamrun untuk menambah daya gedor tim Juku Eja.

Hasilnya, PSM kembali mendominasi pertandingan pada awal babak kedua. Wiljan Pluim, Ferdinand Sinaga dan Zulham Zamrun bergantian mengancam lini pertahanan Bhayangkara FC yang dikawal ketat oleh duet I Putu Gede Juniantara dan Fathurrahman.

Loading...

Akhirnya pada menit ke-54, PSM memecah kebuntuan setelah Ferdinand Sinaga mencetak gol indah dari dalam kotak penalti. Gol tersebut berawal dari assist M Rahmat yang tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh pemain belakang Bhayangkara FC. Ferdinand yang berdiri bebas langsung menyambut bola liar dengan tendangan kerasnya. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk PSM.

Tim tamu sendiri bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-62 tendangan jarak jauh Jajang Mulyana masih terlampau lemah dan berhasil diamankan oleh Hilman Syah.

Pada menit ke-67, PSM kembali mengancam gawang Bhayangkara FC. Assist cantik M Rahmat diterima dengan baik oleh Ferdinand Sinaga. Hanya saja, tendangan The Dragon masih terlalu lemah sehingga dengan mudah dapat ditangkap oleh Awan Setho.

Pada menit ke-71, Ferdinand kembali mendapatkan peluang emas. Sayang, tendangannya masih melebar diatas mistar gawang.

Sementara itu, pada menit ke-73, giliran Bhayangkara FC yang nyaris mencetak gol. Tendangan bebas Anderson Salles dari sisi kanan pertahanan PSM mengarah tepat kearah gawang Hilman Syah. Beruntung, Hilman mampu menepis bola dengan baik sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pada 15 menit terakhir babak kedua, PSM melakukan dua kali pergantian pemain. Masing-masing Taufik Hidayat digantikan oleh Benny Wahyudi dan Ferdinand Sinaga digantikan oleh Hasim Kipuw.

Pada menit ke-83, Bhayangkara FC nyaris menyamakan kedudukan. Tendangan bebas Anderson Salles kembali dari sisi kanan pertahanan PSM hanya membentur mistar gawang PSM.

Di penghujung babak kedua, Bhayangkara FC semakin gencar memborbardir pertahanan PSM. Nur Iskandar, Ramiro Ezequiel dan Jajang Mulyana bergantian mengancam gawang PSM. Namun, kokohnya lini pertahanan PSM tak mampu dibongkar oleh Bhayangkara FC hingga babak kedua berakhir. Hingga wasit Hamim Tohari meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan PSM tetap bertahan.

Hasil ini membuat PSM mengoleksi 10 poin dari 5 kali pertandingan yang telah dilakoni.

Loading...
Loading...