Kamis, 20 Juni 2019 11:01 WITA

Ditahan Imbang Paraguay, Argentina Butuh Belas Kasihan Qatar

Editor: Abu Asyraf
Ditahan Imbang Paraguay, Argentina Butuh Belas Kasihan Qatar
Lionel Messi terseok-seok di babak penyisihan Copa America 2019.

RAKYATKU.COM - Lupakan mimpi Argentina bakal menjuarai Copa America 2019. Untuk sekadar lolos ke babak kedua saja, Lionel Messi dan kawan-kawan berharap belas kasihan Qatar.

Pada laga kedua babak penyisihan Grup B di Estadio Mineirao, Kamis pagi (20/6/2019), Argentina nyaris kalah atas Paraguay. Mereka tertolong dua penalti hingga akhirnya pertandingan berakhir 1-1.

Argentina tertinggal terlebih dahulu 0-1 lewat gol Richard Sanchez pada menit 37'. Lionel Messi dan kawan-kawan gagal menyamakan kedudukan hingga babak pertama berakhir.

Harapan baru hadir pada awal babak kedua. Sebuah serangan ke jantung pertahanan Paraguay. Bola yang diarahkan ke gawang menyentuh tangan salah seorang pemain Paraguay, Ivan Piris.

Wasit asal Brasil, Wilton Sampaio yang memimpin pertandingan ragu apakah bola menyentuh tangan Ivan Piris atau tidak. Makanya, dia hanya memberi sepak pojok untuk Argentina.

Namun setelah berkomunikasi dengan asisten wasit dan operator VAR, Wilton Sampaio memutuskan untuk melihat rekaman video terlebih dahulu sebelum mengambil putusan final.

Pertandingan sempat terhenti sekitar enam menit karena Wilton Sampaio lama berkomunikasi dengan para asistennya. Dalam rekaman itu, terlihat tangan Ivan Piris benar menyentuh bola.

Wasit lalu menunjuk titik putih. Lionel Messi tampil sebagai eksekutor. Kiper Paraguay, Roberto Fernandez berhasil membaca arah bola, ke arah kiri gawangnya. Dia meloncat.

Namun, tendangan kaki kiri Messi sangat deras. Bola lebih dahulu menghunjam jala gawang. Tak terjangkau Roberto Fernandez pada menit 57'. Skor menjadi 1-1.

Lima menit kemudian, Argentina kembali membuat pendukungnya jantungan. Pada menit 62', bek Albiceleste, Nicolas Otamendi bertindak ceroboh. Dia menjatuhkan Derlis Gonzalez di kotak penalti.

Wasit menunjuk titik putih. Derlis Gonzalez yang mengeksekusi. Tendangan mendatar diarahkan ke arah kiri gawang Franco Armani. Hap! Armani sukses menepis bola. Argentina selamat dari kekalahan.

Loading...

Atas hasil itu, Paraguay kini bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan dua poin. Puncak klasemen masih ditempati Kolombia dengan enam poin, hasil dua kali menang.

Sementara Argentina untuk sementara masih jadi juru kunci. Dalam dua laga, Messi dan kawan-kawan belum pernah menang. Sekali seri melawan Paraguay dan kalah 0-2 atas Kolombia di laga perdana.

Meski demikian, Argentina masih punya peluang lolos ke babak selanjutnya. Syaratnya, wajib mengalahkan Qatar pada laga terakhir babak penyisihan, Senin pagi (24/6/2019).

Laga ini dipastikan tidak ringan. Bagi Argentina maupun Qatar, sama-sama punya peluang jadi runner up Grup B. Kedua tim sama-sama mengoleksi satu poin.

Siapa pun yang menang, berpeluang lolos mendampingi Kolombia yang sudah dipastikan berstatus juara grup. Tentu dengan catatan, Paraguay kalah dari Kolombia di laga terakhir atau minimal seri.

"Kami harus berpikir untuk memulihkan keadaan dengan cepat. Masih ada peluang bagi kami agar lolos," ucap Messi.

Argentina sebenarnya berstatus unggulan pada gelaran Copa America 2019 ini. Maklum, tim berjuluk La Albiceleste mengoleksi 14 trofi juara. Mereka cuma kalah dari Uruguay 15 trofi.

Argentina juga salah satu tim yang bertabur bintang. Faktanya, untuk melewati babak penyisihan saja, mereka terseok-seok.

Ditahan Imbang Paraguay, Argentina Butuh Belas Kasihan Qatar

Loading...
Loading...