Minggu, 09 Juni 2019 18:45 WITA

Ini Sosok M Rafli, Striker Timnas yang Cetak Hattrick ke Gawang Filipina

Editor: Abu Asyraf
Ini Sosok M Rafli, Striker Timnas yang Cetak Hattrick ke Gawang Filipina
M Rafli (kanan)

RAKYATKU.COM - Timnas Indonesia U-23 meraih peringkat ketiga Merlion Cup 2019 usai menaklukkan Filipina 5-0 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Minggu (9/6/2019).

Tiga dari lima gol Indonesia diborong Muhammad Rafli. Pemain bernomor punggung 27 itu memperlihatkan ketajamannya di kotak penalti.

Dua gol lainnya dicetak melalui eksekusi penalti M Rizky dan tendangan rebound Asnawi Mangkualam Bahar. 

Pelatih Indra Sjafri melakukan sejumlah perubahan termasuk memainkan Rafli sebagai ujung tombak sejak awal laga. Strategi ini terbilang sukses mengingat sang bomber mampu mendulang trigol.

Siapa M Rafli? Sebenarnya nama pemain ini belum familiar di telinga pencinta sepak bola Indonesia, khususnya timnas. Dia orang berbeda dengan M Rafli Mursalim, striker Timnas lainnya.

Namun, di klubnya Arema FC, Rafli sudah jadi salah satu idola. Dia bisa bermain di tiga posisi, yakni striker, gelandang, dan gelandang bertahan.

Muhammad Rafli merupakan pemain muda yang berhasil mendapatkan kepercayaan bermain di tim utama Arema FC. Dalam dua musim terakhir, Rafli sudah mencatatkan 26 penampilan untuk klub berjuluk Singo Edan tersebut.

Musim lalu, Rafli memang hanya membukukan 774 menit dalam 19 pertandingan. Mayoritas laga yang dimainkannya pun berasal dari bangku cadangan.

Namun, pelatih Indra Sjafri ternyata penasaran dengan pemain serba bisa itu. Walhasil, Rafli dimasukkan dalam daftar 38 pemain yang berkesempatan mengikuti pemusatan latihan tahap pertama Timnas Indonesia U-22.

Loading...

Untuk menjadi pesepak bola profesional, Rafli telah menapaki jalan panjang yang tak mudah. Semuanya pun berawal dari keinginan sang ayah untuk memiliki anak seorang pesepak bola.

Maklum, ayah Rafli yang juga gemar bermain bola hanya mampu menjadi anak gawang. 

Pada usia delapan tahun, dia dimasukkan ke Sekolah Sepak Bola (SSB) supaya bisa tertata bermainnya. Ketika itu posisi pertamanya gelandang dan akhirnya menjadi penyerang.

Dia awalnya mengikuti seleksi di ASIFA (Aji Santoso International Football Academy) di Malang. Dia berhasil lolos. 

Suatu ketika, pemain reguler Arema FC kurang. Dia dan enam pemain ASIFA akhirnya diminta bergabung latihan di Arema FC oleh Aji Santoso.

"Awalnya hanya latihan-latihan saja, kemudian pada 2017 saya akhirnya ditawari untuk bermain di tim reguler mereka," katanya seperti dikutip dari Bola.com.

DATA DIRI

Nama: Muhammad Rafli
Lahir: Malang, 24 November 1998
Orang Tua: Iqbal Rasyid/Ruli Sulistyawati
Klub: Arema FC
Klub Favorit: Arsenal
Pemain Favorit: Mesut Ozil

Loading...
Loading...