Sabtu, 08 Juni 2019 02:30 WITA

Gagal ke Final Merlion Cup, Ini Keuntungan Timnas Menurut Indra Sjafri

Editor: Abu Asyraf
Gagal ke Final Merlion Cup, Ini Keuntungan Timnas Menurut Indra Sjafri
Timnas Indonesia U-23 belum bisa lepas dari bayang-bayang Thailand.

RAKYATKU.COM - Timnas Indonesia U-23 belum bisa lepas dari bayang-bayang Thailand. Ambisi ke final Merlion Cup 2019 lagi-lagi digagalkan tim Negeri Gajah Putih itu.

Timnas sempat tertinggal 0-2 dalam 12 menit awal sebelum Witan Sulaiman memperkecil selisih kekalahan menjadi 1-2. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Walau kalah dan akan memperebutkan posisi ketiga, pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri tetap bersyukur.

Menurutnya, kekalahan ini membuka kelemahan Timnas U-23. Itu yang akan dibenahi dalam masa persiapan sebelum tampil di SEA Games. Target utama Timnas U-23 memang medali emas cabang sepak bola SEA Games 2019.

Indra memang membawa sejumlah pemain baru dalam skuatnya. Hasilnya, mereka tampak masih butuh adaptasi. Hal itu terlihat di sepanjang babak pertama. Indonesia tertekan.

"Hal tersebut akan kami terus perbaiki agar pada laga selanjutnya tidak terulang," ujar Indra Sjafri. 

Pada babak kedua, Indra Sjafri menyebut permainan sudah berjalan sesuai rencana permainan. Sayang tidak ada gol yang tercipta.

"Hasil memang belum berpihak kepada kami namun kami mendapat pelajaran dari pertandingan ini," kata Indra.

Persiapan tim memang terbilang singkat, 29 Mei hingga 3 Juni. "Apalagi banyak pemain baru yang kami mainkan. Tentu mereka masih perlu adaptasi karena target kami di SEA Games (2019) nanti," ujarnya.

Loading...

Timnas Indonesia U-23 masih akan menjalani perebutan peringkat ketiga Merlion Cup 2019 menghadapi tim kalah antara Singapura vs Filipina pada Minggu (9/6/2019).

Dalam pertandingan melawan Thailand, mental pemain Indonesia diruntuhkan gol cepat lawan. Kesalahan Bagas Adi Nugroho melanggar Sittichok Paso di kotak penalti berujung tendangan dari titik 12 pas. 

Saringkan Pomsupa yang bertugas sebagai algojo menjalankan tugas dengan sempurna dan membawa Thailand unggul 1-0 pada menit keenam.

Enam menit berselang Thailand unggul 2-0 berkat gol Ekanit Panya usai menerima umpan terukur Paso. Timnas Indonesia U-23 baru bis memperkecil skor melalui gol Witan Sulaeman pada menit ke-42.

SUSUNAN PEMAIN

Timnas Thailand U-23 (4-5-1): Korraphat Nareechan; Saringkan Promsupa, Marco Ballini, Shinaphat Leeaoh, Jaturapat Sattham; Wisarut Imura, Kritsada Nontharat, Ekanit Panya, Chatmongkol Tongkiri, Ratthanakorn Maikami; Sittichok Paso.

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Rizki Dwi; Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Gian Zola; Feby Eka, Septian Satria, Witan Sulaiman. 

Loading...
Loading...