Selasa, 28 Mei 2019 18:57 WITA

Data dan Fakta Jelang Final Liga Europa Arsenal vs Chelsea

Editor: Nur Hidayat Said
Data dan Fakta Jelang Final Liga Europa Arsenal vs Chelsea

RAKYATKU.COM - Final Liga Europa antara Arsenal melawan Chelsea akan berlangsung di Stadion Olympic Baku, Kamis dini hari Wita (30/5/2019). Deretan fakta menarik mengiringi laga kedua tim.

Ini jadi kali kedua bagi Chelsea tampil di final Liga Europa setelah 2013. Saat itu The Blues juara usai mengalahkan Benfica 2-1.

Arsenal juga untuk kedua kalinya tampil di final Liga Europa. Pada penampilan perdananya tahun 2000 silam, The Gunners dikalahkan Galatasaray melalui adu penalti yang berakhir 1-4 di Stadion Parken, Denmark. 

Berikut enam fakta menarik jelang laga Chelsea vs Arsenal di final Liga Europa 2019 dikutip situs UEFA: 

1. Pertemuan Chelsea vs Arsenal merupakan final ketiga yang mempertemukan dua tim dari satu negara di era Liga Europa. Pada final 2011 dua tim asal Potugal, Porto vs Braga bertemu. Hasilnya dimenangkan Porto dengan skor 1-0 melalui gol Falcao pada menit 44 di Stadion Aviva, Dublin.

Setahun kemudian final Liga Europa kembali mempertemukan dua klub dari satu negara, yakni Spanyol. Kala itu, Atletico Madrid menang 3-0 atas Athletic Bilbao pada laga yang digelar di Nasional Arena, Bucharest. 

Loading...

2. Chelsea menjelma sebagai tim yang tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan di Liga Europa musim ini. Lewat catatan 11 kali menang dan tiga kali seri, The Blues mendominasi Grup L sebelum menyingkirkan Malmo, Dynamo Kyiv, Slavia Praha dan melangkah ke final melalui adu penalti dengan mengalahkan Eintracht Frankfurt.

3. Arsenal tiba di Stadion Olympic dengan memenangkan lima pertandingan beruntun di turnamen ini.

4. Saat ini Chelsea sudah mengamankan tempat di Liga Champions 2019/2020 usai finis ketiga di Liga Primer Inggris. Sedangkan Arsenal yang finis kelima di Liga Primer masih bisa lolos ke Liga Champions musim depan jika juara Liga Europa 2019.

5. Chelsea dan Arsenal merupakan dua klub yang sangat akrab di kompetisi domestik, namun keduanya hanya sekali bertemu di Eropa. Di perempat final Liga Champions 2003/2004, Chelsea bermain imbang 1-1 dengan Arsenal di Stamford Bridge, lalu menang 2-1 di Highbury.

6. Meskipun Chlesea dikalahkan Manchester United pada final Liga Champions 2008 di Moskow, Rusia, tapi pada catatan penampilan melawan sesama tim asal Inggris di seluruh turnamen Eropa, The Blues hanya tercatat empat kalah dalam 17 pertemuan.

Loading...
Loading...