Selasa, 28 Mei 2019 14:58 WITA

Bisa Jadi Hanya Spurs yang Lakukan "Ritual" Ini di Final Liga Champions

Editor: Nur Hidayat Said
Bisa Jadi Hanya Spurs yang Lakukan
Tottenham Hotspur. (Foto: IOL)

RAKYATKU.COM - Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, punya gebrakan. Ia ingin mengubah foto starting XI menjadi satu tim saat jelang kick off final Liga Champions.

The Lillywhites akan menghadapi Liverpool pada final Liga Champions, Minggu (2/6/2019) di Stadion Wanda Metropolitano. Sebelum laga, seperti biasa, kedua tim akan melakukan "ritual" foto untuk 11 pemain yang menghuni starting XI.

Pochettino berencana melakukan hal yang tak lazim. Ia ingin mengajak seluruh pemain Spurs berfoto bersama sebelum laga final dimulai.

Ia merasa seluruh pemain berperan dalam kesuksesan tim. Ia pun menganggap foto sebelum laga dengan hanya menyertakan 11 pemain adalah tindakan yang tidak adil untuk yang duduk di bangku cadangan.

"Selalu saya sangat kesal, karena fotonya hanya untuk starting XI. Sehingga jika Anda memenangi final, hanya sebelas pemain yang akan dipajang," kata Pochettino dilansir One Football.

"Itu membuat saya kesal, karena mungkin beberapa pemain masuk dari bangku cadangan, mencetak dua gol dan menjadi pahlawan. Tetapi dalam sejarah yang terpampang hanya 11 pemain di awal laga dan 'Oh, itu lo tim yang memenangi final."

Loading...

"Saya mau semua pemain sebelum mulai - 22 atau 23 pemain - berfoto di lapangan. Itu adalah tim yang menang atau kalah," ujarnya menambahkan.

Apa yang dilakukan Pochettino pernah direalisasikan saat masih main untuk Espanyol pada final Copa del Rey 2005/2006. Espanyol tidak hanya foto starting XI, tetapi seluruh pemain.

"Di Bernabeu (pada 2006 ketika Espanyol mengalahkan Real Zaragoza) kami melakukan itu. Saya adalah salah satu kapten dan saya berkata: 'Saya menginginkannya sehingga semua orang pemain harus terpampang dan di foto," jelas Pochettino.

"Jika tim ini memenangi final. Ini bukan hanya tentang sebelas pemain di line up utama. Ini sama sekali tidak adil"

"Orang-orang sangat peduli tentang itu. Para pemain lebih peduli daripada yang kita yakini. Ketika saya menjadi pemain, saya selalu bertarung dengan organisasi dan klub. Sama saja sekarang saat saya sudah menjadi seorang manajer. Saya akan mengusulkannya (untuk final Liga Champions)," tegasnya.

Loading...
Loading...