Minggu, 19 Mei 2019 14:25 WITA

Statistik Luar Biasa di Balik Kedigdayaan Manchester City di Tanah Inggris

Editor: Nur Hidayat Said
Statistik Luar Biasa di Balik Kedigdayaan Manchester City di Tanah Inggris
Manchester City. (Foto: Sky News)

RAKYATKU.COM, LONDON - Manchester City mengalahkan Watford 6-0 untuk meraih Piala FA 2018/19. Kemenangan telak City turut menciptakan sederet statistik luar biasa.

Pada laga yang berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu malam Wita (18/5/2019), gol-gol kemenangan The Citizens dicetak Raheem Sterling (2 gol), Gabriel Jesus (2 gol), David Silva, dan Kevin de Bruyne.

Ini adalah trofi ketiga Man City yang diraih usai telah lebih dahulu memenangi Piala Liga Inggris dan Liga Inggris.

Trofi juara pertama Man City di musim ini diperoleh dari ajang Piala Liga Inggris pada Februari silam. Di final, tim asuhab Pep Guardiola itu mengalahkan Chelsea lewat adu penalti 4-3 usai berimbang tanpa gol sampai perpanjangan waktu. 

Pada akhir pekan lalu, Man City meraih trofi keduanya dengan menjuarai Liga Inggris. Mereka mengalahkan Brighton 4-1 pada laga terakhir guna mengumpulkan 98 poin, unggul satu poin dari rival terdekatnya Liverpool di klasemen akhir.

Dengan kesuksesan mereka di musim ini, sederet catatan cemerlang tercipta. Inilah statistik-statistik Man City sebagaimana dirangkum Opta:

- Manchester City adalah tim pertama yang memenangi treble domestik di Inggris.

- Manchester City adalah tim Inggris pertama di level teratas yang mencetak 50 kemenangan di seluruh kompetisi dalam satu musim.

- Watford telah menderita 11 kekalahan terakhir melawan Manchester City di seluruh kompetisi, kebobolan 38 gol di pertandingan-pertandingan itu.

Loading...

- Manchester City adalah tim keempat yang memenangi dua kompetisi piala mayor di musim yang sama, setelah Arsenal di 1992/93, Liverpool di 2000/2001, dan Chelsea di 2006/2007.

- Manchester City hanya menjadi tim ketiga yang mencetak enam gol di sebuah final Piala FA, setelah Blackburn melawan Sheffield Wednesday di 1890 (6-1), dan Bury melawan Derby di 1903 (6-0).

- Manchester City telah mencetak 26 gol di Piala FA 2018/19, jumlah gol terbanyak dari satu tim di sebuah musim kompetisi ini sejak Charlton melesakkan 29 gol dan Derby mencetak 37 gol, keduanya terjadi di musim 1945/1946.

- Pep Guardiola adalah manajer kedelapan yang memenangi Liga Inggris level teratas, Piala Liga, dan Piala FA, setelah Bill Nicholson, Don Revie, Joe Mercer, Kenny Dalglish, George Graham, Alex Ferguson dan Jose Mourinho; Mercer juga mencapainya bersama Manchester City.

- David Silva menjadi pemain Manchester City kedua yang mencetak gol di final Piala FA dan Piala Liga, setelah Yaya Toure.

- Raheem Sterling telah terlibat dalam 40 gol dalam 51 penampilan di seluruh kompetis musim ini (25 gol, 15 assist), torehan yang hanya bisa dilebihi oleh Sergio Aguero di antara para pemain Premier League (42).

- Striker Manchester City Gabriel Jesus terlibat secara langsung atas terjadinya sembilan gol di Piala FA (5 gol, 4 assist) di musim ini, lebih banyak daripada pemain-pemain lainnya.

Loading...
Loading...