Selasa, 14 Mei 2019 22:59 WITA

Menang Telak 3-0 Atas Lao Toyota, PSM Juara Grup H AFC Cup 2019

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
Menang Telak 3-0 Atas Lao Toyota, PSM Juara Grup H AFC Cup 2019

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penampilan mengesankan ditunjukkan PSM Makassar saat menantang tuan rumah Lao Toyota FC di matchday ke enam babak penyisihan Grup H AFC Cup 2019 di New Laos National Stadium, Laos, Selasa malam (14/5/2019).

Skuad Juku Eja mengamuk dengan tiga gol tanpa balas. Ketiga gol PSM masing-masing dicetak Rasyid Bakri pada menit ke-43, Saldy pada menit ke-74 dan Guy Junior pada menit ke-86.

Di babak pertama, permainan kedua tim cenderung monoton. Baik PSM maupun Lao Toyota FC nampak begitu berhati-hati. Para pemain PSM sendiri nampak masih mencari pola permainan yang cocok. Wajar, pemain yang diturunkan Pelatih PSM, Darije Kalezic, bisa dikatakan pemain lapis kedua.

Tercatat 7 pemain inti diistirahatkan Kalezic. Misalnya Wiljan Pluim dan Eero Markkanen. Praktis, hanya Marc Anthony Klok, Guy Junior dan Zulkifly Syukur yang diandalkan PSM dilaga kali ini.

Lao Toyota FC bahkan sempat merepotkan pertahanan PSM diawal babak pertama. Beruntung, penjaga gawang PSM, Rivky Mokodompit masih cukup sigap dibawah mistar gawangnya.

PSM baru menemukan ritme permainannya ketika memasuki 10 menit terakhir babak pertama. Puncaknya pada menit ke-43, Bayu Gatra memberikan assist cantik kepada Rasyid Bakri yang berlari masuk kedalam kotak penalti Lao Toyota FC. Rasyid yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Lao Toyota FC tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Sekali sontek, bola berhasil menggetarkan jala gawang Lao Toyota FC yang dikawal kiper muda, Outthilath Nammakhoth. Skor 1-0 untuk PSM bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Lao Toyota FC mendapatkan peluang pertama pada menit ke-59. Rafael dengan leluasa melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola hanya meleset tipis di atas mistar gawang Rivky Mokodompit.

Pada menit ke-71, giliran PSM mendapatkan peluang emas. Namun, tendangan bebas Marc Klok dari luar kotak penalti berhasil diblok penjaga gawang Lao Toyota FC, Outthilath Nammakhoth.

Loading...

Pada menit ke-74, Saldi menggandakan kemenangan PSM. Pemain berusia 24 tahun itu memanfaatkan umpan Bayu Gatra. Kedudukan menjadi 2-0 untuk PSM.

Lao Toyota FC memperoleh peluang untuk memperkecil ketertinggalannya saat Kazuo Homma lepas dari kawalan pemain belakang PSM pada menit ke-83. Beruntung, Asnawi Mangkualam Bahar berhasil mematahkan pergerakan pemain senior Lao Toyota FC tersebut dengan tackling yang cukup apik.

Gol pamungkas PSM akhirnya dilesakkan Guy Junior pada menit ke-86. Gol tersebut lahir dari assist Saldy. Skor 3-0 untuk PSM bertahan hingga pertandingan berakhir. 

PSM sendiri melakukan tiga kali pergantian pemain dibabak kedua dengan memasukkan Asnawi Mangkualam Bahar menggantikan Zulkifli Syukur dan Benny Wahyudi menggantikan Reva Adi Utama. Zulkifli dan Reva ditarik keluar karena mengalami gangguan dibagian kakinya. Satu pergantian lainnya adalah dengan memasukkan pemain muda, Takwir.

Dengan kemenangan ini, PSM Makassar resmi menjadi juara Grup H Piala AFC dengan 14 poin. PSM pun tak terkalahkan di babak grup, yakni dengan empat kemenangan dan dua hasil seri.

PSM Makassar saat ini tinggal menunggu lawan di babak semifinal zona ASEAN.
 

Loading...
Loading...