Sabtu, 04 Mei 2019 08:00 WITA

Mirip Mrs V, Desainer Stadion Piala Dunia Ini Meninggal Sebelum Bangunan Selesai

Editor: Abu Asyraf
Mirip Mrs V, Desainer Stadion Piala Dunia Ini Meninggal Sebelum Bangunan Selesai
Stadion Al Wakrah

RAKYATKU.COM - Dari delapan stadion yang dibangun Qatar untuk persiapan Piala Dunia 2022, ada satu yang unik. Stadion Al Wakrah disebut-sebut mirip alat kelamin perempuan.

Stadion Al Wakrah dirancang mendiang arsitek Inggris-Irak, Dame Zaha Hadid. Dia seorang perempuan.

Stadion ini akan menjadi tuan rumah pertandingan hingga babak perempat final. Tempat ini adalah yang pertama selesai dari awal turnamen dan menawarkan teknologi inovatif untuk menurunkan suhu bagi penggemar. 

Dame Zaha meninggal mendadak karena serangan jantung pada tahun 2016. Dia mengaku terinspirasi bentuk perahu Arab yang mengalir deras. 

Kapal-kapal tersebut banyak digunakan untuk memancing di wilayah tersebut dan arena itu memiliki atap yang menyerupai layar-layar dhow. 

Layar seharusnya menyerupai perahu layar tradisional. Namun, ketika gambar-gambar itu diterbitkan pada 2013, banyak orang melihatnya menyerupai alat kelamin wanita. 

"Sangat memalukan mereka datang dengan hal-hal yang tidak masuk akal seperti ini. Apa yang mereka katakan? Semuanya dengan lubang di dalamnya adalah vagina? Itu konyol," kata Dame Zaha ketika itu.

Dame merupakan arsitek kenamaan. Dia ikut merancang gedung-gedung besar seperti Pusat Akuatik di Olimpiade London 2012, Museum MAXXI di Italia, dan Gedung Opera Guangzhou di Tiongkok. 

Beberapa kritikus mendukung desain stadion ini. Mereka mengatakan bahwa itu bisa membuktikan menjadi hal yang baik untuk olahraga.

Piala dunia akan berlangsung di Qatar di musim dingin untuk memastikan bahwa pengunjung tidak kewalahan oleh panas. Stadion Dame Zaha berjarak 12 mil di sebelah selatan Doha, ibu kota Qatar.

Stadion ini dirancang untuk menurunkan panas sekitar 22 derajat celcius untuk penonton dan pemain. Udara dingin akan disalurkan melalui ventilasi sementara atap yang dapat ditarik akan memberikan keteduhan pada pitch. 

Qatar membangun delapan stadion untuk piala dunia, termasuk Stadion Internasional Khalifa yang telah direnovasi. 

Setelah pertandingan selesai, kapasitas stadion Al Wakrah akan dikurangi setengahnya dan kursi berlebih disumbangkan untuk proyek sepak bola di negara-negara berkembang.


 

Loading...
Loading...

Berita Terkait