Selasa, 30 April 2019 14:51 WITA

Statistik: De Gea yang Lebih "Karius" Ketimbang Karius

Editor: Nur Hidayat Said
Statistik: De Gea yang Lebih
David de Gea. (Foto: CBC Sports)

RAKYATKU.COM, MANCHESTER - Jagat sepak bola dunia ramai memberikan olokan kepada Loris Karius atas penampilan buruknya bersama Liverpool pada musim 2017/2018. Namun, data berbicara penampilan David de Gea musim ini bersama Manchester United lebih buruk lagi.

Musim lalu, Karius bikin serangkaian kesalahan fatal. Paling menarik perhatian ketika kiper Jerman itu melakukan blunder pada laga final Liga Champions melawan Real Madrid.

Karius bersalah atas terciptanya gol pertama Los Blancos sehingga Liverpool kalah 1-3. Kiper 25 tahun itu kemudian dipinjamkan ke klub Turki Besiktas dan mulai membangkitkan lagi kariernya.

Sementara itu, De Gea yang diklaim sebagai salah satu kiper terbaik dunia, penampilannya justru menurun drastis.

Berbanding dengan musim-musim sebelumnya yang mana pemain asal Spanyol itu jadi pilar paling konsisten dan menjadi tulang punggung di timnya. 

De Gea bahkan masuk dalam Tim Terbaik PFA selama empat tahun beruntun dan tiga kali didapuk sebagai Pemain Terbaik di MU.

Namun, De Gea melakukan serangkaian blunder musim ini. Teranyar blunder lain pada saat bermain imbang 1-1 melawan Chelsea. 

Hasil itu memperkecil peluang MU finis empat besar di akhir musim karena masih tertinggal lima poin dari Tottenham Hotspur (3), dan tiga poin dari Chelsea (4) dengan sisa dua pertandingan saja.

Loading...

Menurut data-data yang dirangkum Mirror dari Whoscored dan Sofascore, ada beberapa statistik yang menunjukkan Karius menjalani musim yang lebih baik daripada De Gea saat ini.

-Jumlah kemasukan gol 
De Gea: 53
Karius: 39

-Rata-rata rating pertandingan
De Gea: 6,46
Karius: 6,70

-Error yang menyebabkan gol
De Gea: 4
Karius: 0

-Rata-rata kemasukan gol per pertandingan
De Gea: 1,4
Karius: 1,2

-Penalti yang diselamatkan
De Gea: 0
Karius: 1

-Persentase operan sukses
De Gea: 58,8 persen
Karius: 60,1 persen

Loading...
Loading...