Jumat, 19 April 2019 15:02 WITA

Sejarah Berulang, Liverpool Juara Liga Champions

Editor: Nur Hidayat Said
Sejarah Berulang, Liverpool Juara Liga Champions
Liverpool. (Foto: 90min)

RAKYATKU.COM - Liga Champions 2018/2019 telah memasuki babak semifinal. Merujuk sejarah, pada akhirtnya Liverpool akan menangkat Si Kuping Besar. 

Klub-klub asal Inggris saat ini menguasai semifinal kompetisi Eropa. Keberhasilan Arsenal dan Chelsea meraih kemenangan dan meraih tiket semifinal Liga Europa melanjutkan dominasi perwakilan Liga Inggris di Eropa. 

Sebelumnya, Liverpool dan Tottenham Hotspur lebih dahulu memastikan langkah ke babak semifinal Liga Champions.

Dilansir Opta, kali terakhir Inggris menguasai babak semifinal kompetisi Eropa terjadi pada musim 1983/1984. Kala itu juga terdapat empat klub pada semifinal turnamen sepak bola antarklub Eropa.

Saat itu, Liverpool menjadi wakil Inggris di semifinal Liga Champions yang masih bernama Piala Champions, sementara Tottenham Hotspur dan Nottingham Forrest berlaga di semifinal Piala UEFA yang menjadi cikal bakal Liga Europa. Sementara itu, Manchester United masuk semifinal Piala Winners.

Loading...

Dari empat kesebelasan Inggris yang berada di babak semifinal, hanya Liverpool dan Tottenham Hotspur yang berhasil menembus partai puncak. The Reds kemudian tampil sebagai juara Liga Champions dan The Lilywhites menjadi juara Piala UEFA.

Musim ini Liverpool dan Tottenham akan bersaing Liga Champions. Kedua klub dapat menciptakan final sesama klub Inggris andai The Reds mengalahkan Barcelona dan Spurs menyingkirkan menumbangkan Ajax.

All English final juga bisa terjadi di Liga Europa. Arsenal dan Chelsea dapat bertemu di partai pamungkas. Pada babak semifinal Arsenal bersua Valencia dan Chelsea melawan Eintracht Frankfurt.

Laga leg pertama semifinal Liga Champions berlangsung pada 30 April dan 1 Mei. Sementara leg pertama semifinal Liga Europa berlangsung pada 2 Mei.

Sedangkan leg kedua semifinal Liga Champions dilangsungkan 7 dan 8 Mei, sedangkan leg kedua Liga Europa pada 9 Mei.

Loading...
Loading...