Rabu, 10 April 2019 17:54 WITA

Soal Teknis Memilih, KPU Sarankan Manajemen PSM Koordinasi dengan Kemlu RI

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Soal Teknis Memilih, KPU Sarankan Manajemen PSM Koordinasi dengan Kemlu RI
Koordinator Divisi Data KPU Sulsel, Uslimin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan berusaha 'menyelamatkan' nasib hak pilih pemain PSM Makassar yang akan bertandang ke Filipina, 17 April mendatang.

Saat ini, formulir A5 atau surat keterangan pindah memilih telah dikeluarkan KPU untuk skuad Juku Eja yang melawat ke Filipina. Surat keterangan tersebut dikeluarkan oleh KPU tempat domisili masing-masing pemain.

"PSM bisa (memilih). Masuk kategori menjalankan tugas pada hari H. Cuma saya tidak tahu apakah mereka bisa menggunakan hak pilihnya di Filipina atau tidak. Karena pemilihan di Filipina itu tanggal 14 April, sementara rombongan mereka transit di Manila itu tanggal 14 April subuh. Kalau misalnya mereka bisa singgah dulu untuk memilih, boleh saja," kata Koordinator Divisi Data KPU Sulsel, Uslimin, saat ditemui Rakyatku.com di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (10/4/2019).

Uslimin mengaku tugas KPU sudah selesai. Sekarang, katanya, tinggal pihak manajemen PSM untuk menindaklanjutinya dengan segera berkonsultasi ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di Filipina.

Loading...

"Tadi Ibu Wina (Wina Syadzwina, Sekretaris Tim PSM Makassar) koordinasi ke saya. Saya bilang segera komunikasi dengan Kemlu. Jadwal di Filipina apakah di Kota Bacolod (markas Kaya FC-Iloilo) juga ada (pemungutan suara) atau tidak. Kalau tidak ada, maka mereka harus bertahan di Manila, tinggal di Manila dulu untuk mencoblos (baru ke Kota Bacolod)," pungkas Uslimin.

Seperti diketahui, PSM dijadwalkan menantang tuan rumah Kaya FC-Iloilo di Stadion Panaad, di Kota Bacolod, Filipina, 17 April mendatang. Laga tersebut merupakan matchday ke-4 babak penyisihan Grup H AFC Cup 2019. Laga itu bertepatan dengan hari pemungutan suara Pemilu 2019.

Loading...
Loading...