Selasa, 26 Maret 2019 17:36 WITA

Ferguson Punya Formula Jitu untuk Redam Messi, Cobalah Solskjaer!

Editor: Nur Hidayat Said
Ferguson Punya Formula Jitu untuk Redam Messi, Cobalah Solskjaer!
Sir Alex Ferguson. (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM, MANCHESTER - Manchester United akan menghadapi Barcelona pada babak perempat final Liga Champoions 2018/2019. Eks manajer MU, Sir Alex Ferguson, punya formula untuk meredam tim asal Spanyol itu.

Menurut Fergie, sapaan akrab Ferguson, salah satu tugas berat MU saat melawan Barcelona adalah menjaga Lionel Messi.

Namun, MU tidak perlu terlalu cemas soal itu. Beberapa tahun lalu, Ferguson pernah menerangkan cara menghentikan Messi dan Barcelona.

Ferguson bersama MU memang sudah pernah melawan Barcelona di final Liga Champions 2009 dan 2011. 

Hasilnya, The Red Devils kalah di dua laga itu. Nah, untuk kali ini Ferguson sudah menyiapkan taktik khusus untuk menghentikan Messi.

Manajer interim MU, Ole Gunnar Solskjaer, boleh saja mencoba taktik itu saat melawan Barcelona nanti.

"Untuk mengalahkan Barcelona dalam siklus itu, anda membutuhkan bek tengah yang sangat positif," tulis Ferguson pada autobiografinya dikutip dari tribalfootball.

Loading...

"Rio (Ferdinand) dan (Nemanja) Vidic berada di usia di mana mereka lebih senang mempertahankan ruang kosong. Tidak ada yang salah dengan itu. Cukup benar. Namun, melawan Barcelona, pendekatan itu terbatas."

Beberapa tim Liga Inggris memang senang bertahan dengan mengawasi ruang kosong atau alias zone marking. Akan tetapi, Ferguson menyadari saat melawan Barcelona mereka memerlukan bek yang berani langsung berhadapan dengan Messi.

"Anda membutuhkan bek tengah yang siap untuk langsung mendekati Messi serta tidak mencemaskan apa yang terjadi di belakang dia. Ya, Messi akan bermain menyamping. Itu tidak masalah. Dia tidak terlalu mengancam di samping daripada saat di tengah."

"Ketika kami menghadapi Messi lagi di Liga Champions, saya akan menempatkan [Phil] Jones dan [Chris Smalling], atau Smalling dan Evans tepat di depan Messi. Saya tidak akan membiarkan dia menyiksa kami lagi," tutup Ferguson.

MU akan lebih dahulu menjamu Barcelona di Old Trafford, 11 April mendatang, sebelum gantian bertandang ke Camp Nou sepekan setelahnya.

Loading...
Loading...