Senin, 11 Maret 2019 14:58 WITA

"Itu Bukan Tendangan Roberto Carlos Bukan?" Kritik untuk De Gea soal Gol Xhaka

Editor: Nur Hidayat Said
Proses gol Granit Xhaka ke gawang David de Gea. (Foto: AP)

RAKYATKU.COM, LONDON - David de Gea menuai sorotan usai dibobol tendangan Granit Xhaka. Sampai-sampai dikaitkan dengan tendangan ala Roberto Carlos.

Manchester United kalah 0-2 saat bertandang ke Emirates Stadium, Minggu malam  WIB (10/3/2019) malam WIB. 

Gol The Gunners dicetak Xhaka pada menit ke-12 dan penalti Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-69.

De Gea mendapatkan kritik pedas pada gol Xhaka. Kiper asal Spanyol itu gagal mengantisipasi tembakan Xhaka meski punya pandangan jelas ke arah sumber tendangan.

De Gea mati langkah setelah lebih dahulu bergerak ke kiri, sementara bola sedikit melintir dan meluncur ke sisi kanannya. 

Sky Sports yang meninjau ulang terjadinya gol menunjukkan bagaimana De Gea salah antisipasi terhadap tendangan Xhaka.

"Inilah yang dilihat David de Gea. Dia melihat lurus ke jalurnya dan punya sudut pandangan jelas, tidak ada yang menghalanginya, dan dia bergerak saja ke kiri dan bolanya melintir ke kanan," ungkap Jamie Redknapp.

"Ini buruk dari sudut pandangnya," imbuh mantan pemain tim nasional Inggris itu seperti dilansir Express.

Komentar lain eks gelandang Leeds United dan Manchester City, Danny Mills. Pria yang kini menjadi analis untuk BBC itu menyebut De Gea sepenuhnya melakukan kesalahan dalam gol tersebut.

Mills bahkan membandingkan tendangan Xhaka dengan milik bek legendaris Brasil, Roberto Carlos. Carlos memang dikenal punya tendangan serupa: disepak dengan bagian luar kaki namun lebih deras dan amat melengkung.

"David de Gea benar-benar sepenuhnya bergerak ke arah yang salah. Bolanya tak melintir sejauh itu dan itu pasti karena kesalahan besar dalam penjagaan gawang," ujar Mills.

"Ada sedikit pelintiran di bola, tapi itu bukan tendangan Roberto Carlos bukan?" tandas mantan anggota timnas Inggris ini. 

Loading...
Loading...