Rabu, 06 Maret 2019 08:27 WITA

Gol-gol Indah Ajax yang Empaskan Real Madrid di Liga Champions

Editor: Nur Hidayat Said
Gol-gol Indah Ajax yang Empaskan Real Madrid di Liga Champions
Foto: AS English.

RAKYATKU.COM, MADRID - Ajax Amsterdam lolos ke perempat final Liga Champions setelah mengempaskan juara bertahan Real Madrid. 

Ajax lolos usai menang 4-1 pada leg kedua babak 16 besar di Santiago Bernabeu, Rabu dini hari Wita(6/3/2019).

Ajax sudah unggul dua gol pada babak pertama. Gol-gol tim tamu diciptakan oleh Hakim Ziyech dan David Neres.

Ziyech membuka keunggulan Ajax pada menit ke-7. Dusan Tadic merebut bola dari Toni Kroos dan melakukan penetrasi dari sisi kanan. Melakukan tusukan, Tadic melepaskan umpan yang dituntaskan oleh Ziyech.

Pada menit ke-18, Ajax menggandakan keunggulan. Giliran David Neres yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tadic melewati adangan Casemiro dengan memutar badan sebelum menggiring bola menuju kotak penalti. Tadic kemudian melepaskan umpan terobosan yang dituntaskan oleh Neres.

Di babak kedua, Ajax mampu menambah gol pada menit ke-62. Kali ini Tadic yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat ruang di kotak penalti, Tadic melepaskan tembakan ke pojok kiri atas gawang Madrid.

Wasit sempat memakai VAR untuk melihat apakah bola sudah lebih dahulu meninggalkan lapangan sebelum gol tercipta. Setelah beberapa menit, wasit memutuskan gol tetap sah.

Real Madrid memperkecil ketertinggalan pada menit ke-70. Reguilon bergerak di sebelah kiri dan mengoper bola kepada Asensio. Asensio melepaskan tembakan first time yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Ajax.

Loading...

Ajax tak butuh waktu lama untuk merespons. Dua menit usai gol Asensio, Ajax kembali memperlebar keunggulan.

Gol ini berawal dari tendangan bebas di sisi kiri setelah Tadic dijatuhkan Casemiro. Lasse Schone yang jadi eksekutor melepaskan tendangan langsung ke arah gawang. Courtois yang sudah telanjur maju pun terkecoh melihat bola melewatinya dan mengarah ke pojok kanan atas gawang.

Real Madrid harus menuntaskan pertandingan dengan 10 orang. Nacho diusir wasit di injury time setelah mendapat kartu kuning kedua.

Dengan kemenangan ini, Ajax lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 5-3. Pada leg pertama, Ajax kalah 1-2.

Hasil ini sekaligus menghentikan dominasi Real Madrid di Liga Champions dalam beberapa musim terakhir. Los Blancos merupakan juara empat kali dalam lima musim terakhir.

Susunan Pemain

Real Madrid: Courtois, Carvajal, Nacho, Varane, Reguilon, Modric, Casemiro (valverde 87'), Kroos, Vazquez (Bale 29'), Benzema, Vinicius (Asensio 35')

Ajax: Onana, Mazraoui (Veltman 81'), de Ligt, Blind, Tagliafico, Schone (de Wit 73'), van de Beek, de Jong, Ziyech, Tadic, Neres (Dolberg 74')

Loading...
Loading...