Sabtu, 16 Februari 2019 18:13 WITA

Babak 16 Besar Piala Indonesia

Debut Fantastis Darije Kalezic, PSM Pesta Gol ke Gawang Perseru Tanpa Balas

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Debut Fantastis Darije Kalezic, PSM Pesta Gol ke Gawang Perseru Tanpa Balas
Eero Markkanen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar menang besar di Stadion Andi Mattalatta, menghadapi Perseru Serui, pada Leg 1 16 Besar Piala Indonesia, pada Sabtu (16/2/2019). Tak tanggung-tanggung, skor akhir 9-0.

Sembilan gol tanpa balas tersebut, dicetak oleh empat pemain PSM Makassar. 7 gol pada babak pertama dan tambahan 2 gol di babak kedua. 

Pemain anyar PSM, Eero Markkanen mencetak empat gol atau quattrick (9', 23', 36', 45+2'). Zulham Zamrun mencetak tiga gol atau hattrick (31', 32', 38').

Tambahan dua gol tersebut tercipta di babak kedua, dari pemain pengganti Ferdinand Sinaga (menggantikan Eero Markkanen) di menit ke-79. Begitu pun dengan Bayu Gatra yang menggantikan M Rahmat, berhasil mencetak gol penutup di menit ke-88 yang membuat skor akhir menjadi 9-0.

Seperti diketahui, ini merupakan debut PSM Makasar dengan pelatih barunya di tahun 2019, Darije Kalezic. 

Leg 2 selanjutkan akan dilakukan pada 20 Februari mendatang. Hanya saja, terkait stadionnya, belum diketahui di mana laga tersebut akan dipertandingkan.

Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan pendukungnya, gol pembuka dicetak oleh stiker anyarnya, Eero Markkanen pada menit ke-9. Pemain bernomor punggung 9 tersebut memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebar Marc Klok, yang tidak biasa diamankan dengan baik oleh kiper lawan. 

Usai mencetak gol, PSM tak mengendurkan serangan. Beberapa kali pemain PSM, seperti Zulham menciptakan peluang.

Pada menit ke-23, gol kembali tercipta. Lagi-lagi, Eero yang menyarangkan bola ke gawang yang dijaga oleh Hendra Mole.

Eero yang mendapat umpan silang dari M Rahmat di sisi kanan pertahanan lawan, menyundul bola dengan baik. 

Delapan menit kemudian, setelah Eero mencetak gol keduanya, dua gol beruntun menyarang ke gawang Hendra. 

Pada menit ke-31, Zulham mengubah papan skor menjadi 3-0. Pemain bernomor punggung 7 tersebut mendapat umpan dari Marc Klok yang sebelumnya melakukan aksi "solo run". 

Loading...

Setelah itu, baru saja wasit meniup peluit untuk melanjutkan pertandingan, PSM langsung berhasil merebut bola dari lawan. Alhasil, kembali Klok berhasil melakukan umpan dengan baik, yang kembali dimanfaatkan oleh Zulham yang telah berdiri di mulut gawang, yang mengubah skor menjadi 4-0.

Klok kembali beringas di babak pertama. Lagi-lagi solo run Klok berhasil mengumpan terobosan kepada Zulham yang lolos dari jebakan offside. Zulham yang memasuki kotak pinalti, mengumpan bola ke Eero dan sukses mencetak hattrick. Papan skor kembali menjadi 5-0.

Belum puas, skuat Juku Eja kembali menambah pundi-pundi golnya, dua menit setelah gol kelima. Giliran Zulham yang mencatatkan hattrick, di menit ke-38.

Eero melebihkan setengah lusin gol di ujung babak pertama, menjadi 7-0. Aksi solo run M Rahmat di menit ke-45+1, lewat skema serangan balik yang apik dari umpan Pellu. Eero yang sebetulnya tidak begitu baik menerima umpan Rahmat, langsung membalikkan badan lalu melesakkan tendangan. Skor 6-0 berakhir di babak pertama. 

Memasuki babak kedua, Darije menarik Eero Markkanen pada menit 67. Eero digantikan Ferdinand Sinaga. Pergantian pemain pun berlanjut pada menit 71. Bayu Gatra masuk menggantikan M Rahmat. Zulham Zamrun pun ditarik keluar, digantikan Guy Junior.

Keputusan Darije memasukkan Ferdinand Sinaga dan Bayu Gatra kembali berbuah manis. Keduanya mencetak gol. Ferdinand membobol gawang Perseru Serui pada menit 79 dan gol Bayu Gatra tercipta pada menit 89.

Rekor Baru

Catatan manajemen PSM, enam gol PSM Makassar menjadi rekor baru di kompetisi resmi dalam satu babak. 

Di bawah kendali sang pelatih baru Darije Kalezic, empat gol dicetak striker asing anyar, Eero Markkanen. Tiga gol lainnya dilesakkan Zulham Zamrun. 

Tak cuma itu. Rekor baru PSM yang tercipta dalam babak pertama laga ini yakni empat gol tujuh menit dan Zulham hattrick dalam tujuh menit.

Hasil ini membuat kans PSM Makassar terbuka lebar melenggang ke babak perempat final Piala Indonesia. Juku Eja akan melakoni leg kedua di markas Perseru Serui pada pekan depan, Rabu (20/2/2019) mendatang.

Loading...
Loading...