Selasa, 12 Februari 2019 16:07 WITA

Tim Audit AFC Kunjungi PSM Makassar, Begini Penjelasan Manajemen

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tim Audit AFC Kunjungi PSM Makassar, Begini Penjelasan Manajemen
Tim audit AFC melakukan Audit Kepatuhan dan Standar Kualitas Club Licensing PSM, pada Minggu (10/2) lalu. Foto: PSM Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Tim audit AFC melakukan Audit Kepatuhan dan Standar Kualitas Club Licensing PSM Makassar di Sekretariat PSM Makassar, pada Minggu (10/2) lalu. 

Dikutip dari situs resminya, Manajemen PSM Makassar, memberikan penjelasan terkait 5 aspek sebagai syarat klub profesional yaitu sporting, personnel & administration, legal, finance, dan infrastructure.

Dua delegasi AFC, Joern Schlimm dan Marcel ditemani langsung perwakilan tim verifikator PT Liga Indonesia Baru (LIB), Surya Binanga. 

Surya yang dikonfirmasi mengatakan, kunjungan ini memang sudah biasa dilakukan oleh AFC, khususnya kepada klub yang bakal berlaga pada level klub se-Asia. Ia mencontohkan, hal ini sama seperti Persib Bandung dan Persipura Jayapura pada tahun 2014 lalu. 

“Kedatangan mereka memang untuk melihat kualitas standar klub. Jadi dua orang ini yang akan memberikan masukan kepada AFC dan klub lisensi PSSI terkait hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Kalau ada yang kurang harus segera diperbaiki,” kata Surya, lewat sambungan telepon, pada Selasa (12/2/2019).

Ia pun mengakui, jika lisensi AFC dari PSM Makassar belum lengkap, sehingga dikunjungi langsung oleh AFC.

“Pada proses lisensi tim sejak 2018 lalu, PSM memang masih dalam status bersyarat. Namun hingga kemarin memang masih ada yang kurang pemenuhan syaratnya,” ungkap Surya yang enggan merinci kekurangan yang dimaksud.

Dikatakan pula, hasil audit ini akan langsung diserahkan ke AFC. “Jadi keputusan nantinya akan kembali ke AFC. Mereka akan laporkan apa-apa saja yang PSM sudah submit ke sistem. Dan nantinya AFC akan berdiskusi dengan PSSI,” jelasnya.

Loading...

Sementara itu, Sekretaris PSM Makassar, Widya Syadzwina menekankan, audit tersebut hanya berkait dengan lisensi klub.

"Audit kepatuhan dan sandar kualitas dilakukan agar klub lebih paham lagi hingga detail dari standar kualitas dan kepatuhan terhadap club licensing," kata Wina, sapaan akrabnya.

"Kesempatan juga sharing banyak hal termasuk contoh-contoh yang terjadi di klub-klub luar negeri. Standar kualitas tidak dilihat dari mewahnya sebuah klub. Tetapi dari pemenuhan standar kualitas yang sudah ditetapkan secara aturan oleh AFC," jelasnya.

Ia pun mengaku cukup senang atas kunjungan perwakilan dari AFC tersebut. Ditanya perihal apa dampaknya hasil audit tersebut ke PSM, Wina cuma mengaku senang.

"Hasilnya ya mereka laporkan ke AFC. Kita senang dengan adanya kunjungan seperti ini. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan juga supaya bisa lebih baik ke depan," paparnya.

"Tim audit juga sangat mengapresiasi usaha PSM dalam pemenuhan club licensing sebelumnya. Pujian juga datang dari mereka setelah melihat bagaimana kita melakukan sosialisasi melalui media sosial resmi klub," pungkasnya.

Loading...
Loading...