Jumat, 08 Februari 2019 11:18 WITA

Kiper Yoo Jae-hoon Lengkapi Timnas Naturalisasi, Cristian Gonzales Pelatih

Editor: Abu Asyraf
Kiper Yoo Jae-hoon Lengkapi Timnas Naturalisasi, Cristian Gonzales Pelatih
Yoo Jae-hoon

RAKYATKU.COM - Timnas sepak bola Indonesia masih kesulitan meraih prestasi di level ASEAN. Orang kemudian membayangkan Timnas yang semuanya beranggotakan pemain naturalisasi.

Kiper Persipura asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon sebentar lagi segera berstatus pemain lokal. Dia akan melengkapi daftar pesepak bola naturalisasi. Selama ini, tinggal minus di posisi kiper. 

Prores naturalisasi Yoo Jae-hoon diungkap bos Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman. Dia berniat mendatangkan kiper yang sudah lama berkiprah di Persipura itu setelah berstatus warga negara Indonesia.

Kiper berusia 35 tahun itu memang berniat untuk menjadi WNI setelah malang melintang di kompetisi Tanah Air selama kurang lebih delapan tahun.

Sebelum Yoo Jae-hoon, Indonesia belum memiliki pemain naturalisasi yang berposisi sebagai kiper. PSSI sempat membujuk pemain berdarah Indonesia yang pernah menjadi kiper ketiga Juventus, Emil Audero.

Namun, kiper berdarah Mataram, Nusa Tenggara Barat yang bermain di Venezia FC itu menolak. Dia lebih memilih membela Timnas Italia.

Keran naturalisasi mulai dibuka sejak awal tahun 2010. Pemain naturalisasi pertama yang mencuri perhatian kala itu adalah Chrisitan Gonzales. Naturalisasi pemain kemudian berlanjut sampai sekarang hingga yang terakhir Ilija Spasojevic dan OK John.

Madura United sempat tercatat sebagai tim paling banyak menggunakan pemain naturalisasi. Tim berjuluk Sape Kerab tersebut pernah diperkuat OK John, Greg Nwokolo, Christian Gonzales dan Raphael Maitimo.

Jika deretan pemain naturalisasi dihimpun menjadi sebuah tim, kekuatan mereka tentu akan sangat menakutkan. Mantan pemain PSM dan Arema, Christian Gonzales bisa dipercaya sebagai pelatih.

Loading...

Christian Gonzales cocok jika dipercaya menjadi pelatih kepala mengingat dirinya adalah satu-satunya pemain naturalisasi yang serius menjalani kursus kepelatihan. Gonzales terpantau mengikuti pelatihan Lisensi C AFC yang digelar PSSI di Sawangan, Depok pada Februari 2018.

SKUAT TIMNAS NATURALISASI

Kiper: Yoo Jae-hoon

Bek: Diego Michiels, Victor Igbonefo, Bio Paulin, Raphael Maitimo

Tengah: Stefano Lilipaly, Kim Jeffrey Kurniawan, Guy Junior

Depan: Greg Nwokolo, Ilija Spasojevic, Alberto Goncalves

Cadangan: Esteban Vizcarra, Ezra Wallian, Herman Dzumafo, OK John, Sergio van Dijk, Ruben Wuarbanaran, Jhonny Rudolf van Beukering, Tonnie Cusell, Kevin Scheunemann, Mamadou Alhadji, Silvio Escobar

Pelatih: Cristian Gonzales
 

Loading...
Loading...