Rabu, 30 Januari 2019 15:43 WITA

Daftar Nama 28 Pemain PSM Makassar di Piala AFC

Penulis: Sutrisno Zulkifli - Arfa Ramlan
Editor: Mulyadi Abdillah
Daftar Nama 28 Pemain PSM Makassar di Piala AFC
Foto: Arfa/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar sudah menetapkan komposisi para pemainnya yang akan berlaga di Piala AFC 2019. Jumlah pemain yang didaftarkan ke Piala AFC sebanyak 28 orang. 

Sekretaris PSM Makassar, Widya Syadzwina, dalam catatan tertulisnya mengatakan, dari 28 pemain tersebut, ada disertakan 3 pemain U-19. 

Dikonfirmasi lebih lanjut, terkait ketiga nama pemain U-19 tersebut, Wina, sapaan akrab Widya, belum mau membeberkan. "Nanti kita rilis nama-nama skuatnya," katanya, lewat pesan elektronik, pada Rabu (30/1/2019).

Seperti diketahui, ada 4 pemain PSM U-19 yang saat ini yang "naik kelas", yakni Reza Arya Pratama, Taqwir, Fajrin Ardiansyah, dan Muh Rizky Eka Pratama. Total ada 29 pemain yang kini berada di skuat PSM Makassar. 

Hanya saja, 28 pemain tersebut yang disodorkan PSM, belum tentu bisa disetujui semua oleh AFC.

Misalnya Guy Junior. Menurut CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, Guy sangat kecil kemungkinannya akan berlaga di AFC lantaran regulasi terkait pemain naturalisasi. 

"Karena ada peraturan baru (AFC) yang keluar terhadap pemain naturalisasi dengan beberapa pengecualian-pengecualian. Jadi kalau tidak salah, naturalisasi yang di bawah lima tahun, itu dia nggak bisa (main). Nanti dia di atas lima tahun, baru bisa dimainkan," papar Appi, sapaan karib Munafri.

Kecuali, lanjut Appi, pemain naturalisasi tersebut bisa dimainkan andai saja sang pemain tersebut merupakan pemain naturalisasi asal Asia. 

"Sementara itu Guy ini kan orang Kamerun. Jadi kemungkinan (tidak main). Kemungkinan. Tapi nanti kita lihat saja seperti apa," pungkas Appi. 

Sedangkan, Guy baru resmi berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Juli 2016 lalu. 

Loading...

Munafri juga tak menampik, akan melakukan pembaruan berkas yang akan diusulkan ke AFC. Pasalnya, untuk nama pelatih, PSM masih menyertakan nama Robert Rene Alberts.

Berdasarkan "Competition Regulation AFC CUP 2019", masing-masing klub punya kuota 30 pemain dengan minimal 3 penjaga gawang yang didaftarkan. Pasal 24 juga membolehkan klub untuk melakukan penambahan pemain dengan alasan apapun, sepekan sebelum laga perdana berlangsung. 

Berikut nama-nama pemain PSM Makassar yang didaftarkan ke AFC CUP 2019

Kiper:
Rivki Mokodompit, Hilman Syah, Hery Prasetyo

Pemain Belakang:
Aaron Evans, Abdul Rahman, Munhar, Hasyim Kipuw, Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Benny Wahyudi, Taufik Hidayat, Hendra Wijaya

Pemain Tengah:
Marc Klok, Asnawi Mangkualam, M Arfan, Rizki Pellu, Rasyid Bakrie, Wiljan Pluim

Pemain Depan:
Eero Markkanen, Ferdinand Sinaga, M Rahmat, Guy Junior, Bayu Gatra, Zulham Zamrun, Saldi

Pemain U-19:
Taqwir, Fajrin Ardiansyah, dan Muh Rizky Eka Pratama

Loading...
Loading...