Kamis, 24 Januari 2019 17:35 WITA

PSM Bisa Mainkan Eero Markkanen di AFC Cup 2019, Ini Aturannya

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
PSM Bisa Mainkan Eero Markkanen di AFC Cup 2019, Ini Aturannya
Eero Markkanen saat latihan bersama pemain PSM Makassar. Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Manajemen PSM Makassar yakin pemain asingnya, Eero Markkanen bisa dimainkan pada kompetisi AFC Cup 2019.  Hal ini menuai pro dan kontra. Sebab, eks Striker Real Madrid B tersebut belum rampung untuk administrasi International Transfer Certificate (ITC).

Lantas, bagaimana sebenarnya regulasinya?

Seperti diketahui, sesuai regulasi FIFA, ITC baru bisa dikeluarkan oleh klub sebelumnya, apabila federasi sepak bola klub baru pemain tersebut, telah membuka jendela transfer atau TMS.

Sementara itu, jendela transfer untuk Liga Indonesia baru dibuka pada 15 Februari hingga 8 Mei 2019 mendatang, lantaran Liga 1 Indonesia baru bergulir pada awal Mei 2019.

Dengan demikian, Eero dan PSM begitu diuntungkan. Sebab, dalam "Competition Regulation AFC CUP 2019" Pasal 24, dalam salah satu poinnya dijelaskan, klub yang bermain pada babak grup boleh menambahkan pemainnya dengan alasan apapun, paling lambat 7 hari sebelum matchday perdana digelar. Sedangkan, PSM baru akan melakoni laga perdananya pada 26 Februari mendatang. 

Praktis, ketika PSM gesit merampungkan ITC Eero saat jendela transfer di Indonesia dibuka pada 15 Januari 2019, maka nama Eero harus disetor paling lambat 19 Februari atau tujuh hari sebelum laga perdana di AFC Cup.

"Selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelum Match Day 1 (MD 1) dari Group Stage, ganti atau tambahkan hingga lima (5) pemain yang berpartisipasi dengan alasan apapun asalkan maksimum jumlah pemain yang terdaftar tidak terlampaui," bunyi salah satu poin pada pasal 24 regulasi AFC Cup 2019.

Berdasarkan regulasi, setiap klub peserta AFC Cup 2019 wajib menyetor minimal 18 nama dengan tiga penjaga gawang dan maksimal menyetor 30 nama.

Dalam pasal itu pula, nama Eero bisa saja dimasukkan sebagai "pemain pengganti", apabila ada pemain sebelumnya yang disetor dinyatakan tidak bisa bermain, setelah dilakukan pemeriksaan medis.

"Selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelum Matchday (MD) 1 dari Babak Grup, ganti hingga tiga (3) Pemain yang Berpartisipasi dalam acara yang dianggap sebagai mereka secara medis tidak layak untuk bermain," poin pada salah satu bunyi pasal tersebut.

Loading...

Berikut regulasi AFC CUP 2019 soal penambahan pemain:

Tahap Grup (jika memenuhi syarat)

24.4.4. Selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelum Matchday (MD) 1 dari Babak Grup, ganti hingga tiga (3) Pemain yang Berpartisipasi dalam acara yang dianggap sebagai mereka secara medis tidak layak untuk bermain. AFC akan menerima:

24.4.4.1. penilaian medis terperinci dalam bahasa Inggris oleh dokter bersertifikat.

Penilaian ini dapat ditinjau oleh anggota AFC Komite Medis mengkonfirmasi apakah cedera tersebut cukup serius untuk mencegah Pemain yang Berpartisipasi dari mengambil bagian dalam Kompetisi; dan

24.4.4.2. dokumen pendukung Pemain yang Berpartisipasi pengganti sebagaimana diatur dalam Pasal 27.

24.4.5. Selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelum MD1 dari Group Stage, ganti atau tambahkan hingga lima (5) Pemain yang Berpartisipasi dengan alasan apa pun asalkan maksimum jumlah pemain yang terdaftar tidak terlampaui.

24.4.6. Untuk menghindari keraguan, Klub yang Berpartisipasi dapat mengganti atau menambah subjek untuk ketentuan yang relevan, maksimal delapan (8) Pemain yang Berpartisipasi selama periode penggantian ini.

Loading...
Loading...