Rabu, 23 Januari 2019 22:00 WITA

AFC Tolak Eero dan Evans, Ini Penjelasan Sekretaris PSM

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Abu Asyraf
AFC Tolak Eero dan Evans, Ini Penjelasan Sekretaris PSM
Pemain asing anyar PSM, Eero Markkanen terancam tak bisa tampil di AFC Cup.

RAKYATKU.COM - Konfederasi sepak bola Asia, AFC tidak menyetujui permohonan dispensasi International Transfer Cerificate (ITC) untuk pemain Persija Jakarta dan PSM Makassar yang diajukan PSSI. 

Dengan demikian, baik Persija dan PSM tidak bisa memakai pemain asing anyar mereka. 

Persija akan menjalani kualifikasi Liga Champions Asia menghadapi Home United, Singapura pada 5 Februari mendatang. Sedangkan PSM akan menjalani laga perdana di AFC Cup pada 26 Februari.

"Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria seperti dikutip pada laman resmi pssi.org, Rabu (23/1/2019).

Sesuai regulasi FIFA, klub bisa mendaftarkan pemain, jika pemain sudah mendapatkan ITC. Proses ITC berlangsung pada periode jendela transfer pemain. Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2019.

Kebijakan penentuan tanggal jendela transfer pemain berkaitan dengan jadwal kompetisi. Untuk tahun 2019, PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei, setelah hajatan besar pemilihan presiden selesai.

"Kami menghormati agenda nasional Pemilu Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua minggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick off, agar 18 klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik," tutur Tisha.

Atas dasar pertimbangan ini pula, PSSI pada 18 Juli 2018 lalu menyampaikan kepada FIFA bahwa periode jendela transfer pemain untuk kompetisi Liga 1 dimulai dari tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2019.

Loading...

Terkait pelaksanaan Liga Champions Asia dan segala persyaratannya, PSSI baru menerima surat pemberitahuan dari AFC per tanggal 23 November 2018. Karena itu, PSSI berkomunikasi dengan AFC untuk meminta dispensasi ITC pemain Persija dari AFC.

Sebelum berkomunikasi ke AFC, PSSI juga sudah menyampaikan permohonan pembukaan jendela transfer pemain atau TMS ke FIFA, khusus untuk Persija dan PSM. Namun, permohonan ini juga tidak bisa disetujui.

Sekretaris PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina yang dikonfirmasi belum mau berbicara banyak soal kabar tersebut. "Tunggu saja, nanti diinfokan," jawab Wina, sapaan akrabnya.

Dimintai ketegasan soal pemberitahuan PSSI bahwa PSM tak bisa mainkan pemain anyarnya di PSM, Wina justru meminta untuk bersabar. "Sabarlah," pungkas Wina. 

Sebelumnya, Wina memang mengakui bahwa berkas ITC belum beres. Saat ini, katanya, masih dalam proses perampungan.

Seperti diketahui, PSM Makassar telah mendatangkan dua pemain asing baru-baru ini, yakni Eero Markkanen dan Aaron Evans. Selain itu, ada lima pemain lokal yang direkrut, yakni Taufik Hidayat, Bayu Gatra, Benny Wahyudi, Munhar, dan Hery Prasetyo. 

Loading...
Loading...