Rabu, 16 Januari 2019 18:24 WITA

Marian Mihail Siap Antar PSM Makassar Juara Piala AFC

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Marian Mihail Siap Antar PSM Makassar Juara Piala AFC
Sumber Foto: Facebook Marian Mihail

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Marian Mihail siap membuktikan keseriusannya sebagai calon suksesor Robert Rene Alberts di kursi pelatih PSM Makassar. 

Kepada Rakyatku.com, pelatih asal Rumania ini bertekad membawa PSM juara, baik di liga kasta tertinggi Indonesia dan Piala AFC musim 2019.

"Merupakan kewajiban bagi pelatih berikutnya untuk memenangkan kejuaraan dan mengapa tidak Piala AFC. (PSM) Makassar memiliki semua bahan untuk mencapai kesuksesan besar di 2019 dan membuat para suporter bahagia," tulis Marian Mihail saat dikonfirmasi Rakyatku.com melalui aplikasi pesan Facebook, Rabu (16/1/2019).

Di mata pria berusia 60 tahun ini, PSM Makassar adalah klub besar di Indonesia dan memiliki suporter yang luar biasa. 

"(PSM) Makassar adalah klub besar, dengan tradisi hebat dan suporter yang fantastis. Para pemain yang ada saat ini, sangat cocok untuk taktik saya dan gaya permainan ofensif saya," jelas Marian Mihail.

Meski begitu, pelatih berlisensi UEFA Pro ini mengakui belum melakukan komunikasi secara langsung kepada manajemen PSM Makassar. 

"Semua diskusi melalui agen saya," kata Marian Mihail.

Apa hasil dari komunikasi agen Marian Mihail dengan manajemen PSM Makassar?

Loading...

"Dia (agen Mihail) mengatakan kita harus menunggu keputusan CEO klub (PSM)," demikian Marian Mihail, mantan pelatih klub asal tim Vietnam, FLC Thanh Goa pada 2018 lalu.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin sebelumnya, mengungkapkan calon suksesor Robert sebanyak empat orang. Salah satunya pernah menjadi pelatih di klub Asia Tenggara, Vietnam.

Ciri-ciri itu mengarah ke Marian Mihail. Yah, Marian Mihail pernah membawa klub Liga 1 Vietnam Thanh Hoa mampu melaju ke babak ketiga kualifikasi Liga Champions Asia 2018 lalu.

Bersama Thanh Hoa, Mihail akhirnya menjajal fase grup AFC Cup musim lalu. Thanh Hoa menembus babak ketiga kualifikasi Liga Champions Asia 2018 sebelum akhirnya disingkirkan Suwon Bluewings asal Korea Selatan.

PSM Makassar pada musim ini mendapat tiket di Piala AFC 2019. Bergabung di Grup H, Pasukan Ramang mendapat lawan-lawan yang relatif enteng.

Klub kebanggaan Sulawesi Selatan itu tergabung bersama klub Kaya-Iloilo (Filipina), Lao Toyota (Laos), dan Home United atau Tampines Rovers (Singapura). 

Home United terlebih dahulu menghadapi Persija Jakarta pada babak kualifikasi, 5 Februari 2019 untuk merebut tiket Liga Champions Asia. Jika Home United berhasil, maka akan digantikan oleh Tampines Rovers yang musim lalu menempati peringkat empat Liga Singapura.

Loading...
Loading...