Senin, 14 Januari 2019 21:22 WITA

Appi ke Eero Markkanen: Minimal Cetak 10 Gol Setengah Musim

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Aswad Syam
Appi ke Eero Markkanen: Minimal Cetak 10 Gol Setengah Musim
Eero Markkanen dan Aaron Evans, saat diperkenalkan di Hotel Aryaduta, pada Senin (14/1/2019) sore.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Penyerang baru PSM Makassar, Eero Markkanen, mendapat tugas berat untuk musim kompetisi tahun 2019.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mematok target, Eero harus mampu mencetak minimal 10 gol dalam setengah musim secara keseluruhan, pada semua kompetisi yang diikuti.

"Sebagai bahan evaluasi, kita target 10 gol untuk putaran pertama. Semoga Mark bisa menjadi jawaban bagi kita, yang tidak bisa mendapatkan striker tajam pada dua kompetisi sebelumnya," kata Munafri, sesaat setelah memperkenalkan Eero Markkanen dan Aaron Evans, di Hotel Aryaduta, pada Senin (14/1/2019) sore.

Seperti diketahui, dalam dua musim terakhir, PSM tidak memiliki striker asing tajam. Buktinya, tak ada penyerang asingnya yang bertahan selama satu musim kompetisi.

Pada musim kompetisi tahun 2018, ada dua pemain asing yang didatangkan, yakni Bruce Dijte dan Alessandro Fereirra. 

Dijte yang didatangkan pada awal musim, tak mampu mencetak gol satu pun, selama 9 kali bertanding. Sedangkan Sandro, yang merupakan pengganti Dijte, juga dianggap kurang subur. Meski bisa mencetak 4 gol di paruh musim kedua. Itu pun, dua golnya dicetak pada pertandingan terakhir Liga 1 2018.

Pada musim kompetisi 2017, PSM sempat memiliki striker hebat, Reinaldo Elias da Costa. Bermain 17 kali, Reinaldo mencetak 9 gol. Sayang, pemain berkepala pelontos tersebut, hengkang di bursa transfer tengah musim.

Penggantinya adalah Pavel Purishkin. Namun, lagi-lagi tak sesuai ekspektasi. Pemain yang kala itu bernomor punggung 99 hanya mampu mencetak 4 gol dan 1 assist dari 13 pertandingan.

"Kita melihat bahwa kita membutuhkan striker murni, untuk mengeksekusi bola yang masuk di kotak penalti (lawan) yang dulu tidak bisa dieksekusi pemain PSM yang sebelumnya. Ini juga berdasarkan rekomendasi dari coach Robert," ungkap Munafri.

Sementara itu, Markkanen bertekad akan memberikan yang terbaik buat PSM Makassar. Meski tak punya target khusus, ia berjanji akan menjalankan tugasnya sebagai striker dengan baik.

"Saya belum punya angka. Namun saya berusaha mencetak sebanyak yang saya bisa," tutur pemain Real Madrid B tersebut.