Senin, 14 Januari 2019 19:10 WITA

Segini Harga Pemain Baru PSM Makassar

Penulis: Sutrisno Zulkifli - Arfa Ramlan
Editor: Mulyadi Abdillah
Segini Harga Pemain Baru PSM Makassar
Eero Markkanen dan Aaron Evan saat diperkenalkan oleh PSM Makassar, Senin (14/1/2019). Foto: Arfa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar sudah memperkenalkan delapan pemain baru dalam mengarungi Piala Indonesia, Piala AFC, dan Liga 1 Indonesia musim 2019. Ada enam pemain lokal dan dua pemain asing. Berapa harga pasarannya?

Di situs Transfermarkt pada Senin (14/1/2019) sore, baru tujuh pemain baru yang sudah masuk dalam skuat PSM Makassar musim 2019. Nama Aaron Evans belum ada.

Untuk harga Eero Markkanen, berada di kisaran 300 ribu euro alias Rp4,8 miliar. Eero adalah pemain Timnas Finlandia yang baru kali ini akan bermain di Liga Indonesia.
 
Jika membandingkan kisaran harga itu, Wiljan Pluim dan Marc Klok masih tercatat paling mahal saat bergabung dengan PSM Makassar pada 2016 lalu. Duo Belanda itu berada di kisaran harga 400-450 ribu euro.

Bagaimana dengan pemain lokal yang baru? 

Dari enam yang sudah diperkenalkan, mantan pemain Madura United, Bayu Gatra tercatat 'lumayan' mahal. Bayu berada di kisaran harga 200 ribu euro. 

Kemudian disusul rekan Bayu dari Madura United, Benny Wahyudi dengan kisaran harga 125 ribu euro. Selanjutnya eks pilar Bali United Taufik Hidayat yang berada di kisaran 100 ribu euro. 

Lalu ada nama eks pemain Madura United, Munhar dengan prakiraan harga 75 ribu euro. Kisaran harga ini sama dengan Heri Prasetyo, eks kiper Persija Jakarta. Terakhir adalah pemain Bali United, Yandi Sofyan dengan kisaran 50 ribu euro. 

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin alias Appi yang dikonfirmasi enggan buka-bukaan.

"Selalu saya simpan nilai transfernya orang. Yang jelas tidak jauh-jauh lah dari nilai itu (yang tertera di Transfermarkt), karena kalau jauh-jauh, nanti lupa pulang," kata Appi sembari tertawa.

Bersih-bersih Mes PSM

Pasca pengumuman pemain baru, Mes PSM sudah bersih-bersih. Pantauan Rakyatku.com, kamar untuk pemain baru itu sudah disterilkan. 

"Baru-baru saya bersihkan kamar untuk pemain barunya PSM. Untuk sementara ada 5 kamar yang dibersihkan," ucap Deny, penjaga mes PSM Makassar, pada Senin (14/1/2019).

Dipaparkan, satu per satu pemain PSM sudah mendatangi mes jelang latihan perdana pada Selasa besok.

"Baru Abdul Rahman sama Reva Adi Utama yang saya lihat kembali tadi pagi, tapi sekarang dia lagi keluar. Mungkin sebentar malam sudah ada semua pemain," demikian Deny. (Haeril)