Senin, 14 Januari 2019 14:34 WITA

Respons Pemain PSM Sepeninggal Robert: Dari Ferdinand, Klok, hingga Pellu

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Respons Pemain PSM Sepeninggal Robert: Dari Ferdinand, Klok, hingga Pellu
Robert Rene Alberts.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Robert Rene Alberts resmi meletakkan jabatannya sebagai pelatih kepala PSM Makassar per 12 Januari 2019. Alasan kesehatan menjadi penyebab pelatih berpaspor Belanda itu harus rela meninggalkan Pasukan Ramang tepat tiga hari sebelum latihan perdana tim dimulai.

Kehilangan Robert adalah duka mendalam publik sepak bola Makassar. Pelatih yang dikenal dengan karakter disiplin dan kritikannya yang kadang "mengusik" PSSI tersebut dianggap telah meletakkan fondasi yang benar dalam permainan PSM selama kebersamaannya tiga tahun terakhir.

Robert pergi, pemain meradang. Respons mereka tampak dari unggahan sejumlah pemain PSM di akun Instagram pribadinya. 

Dimulai dari Abdul Rahman. Bek tengah tersebut memposting story dengan "emoticon" menangis diikuti kata seolah tak percaya. "Kok begini ya", tulis pemain kelahiran Sidrap tersebut sesaat setelah Robert mengumumkan pengunduran dirinya melalui aplikasi pesan di grup internal PSM.

M Rahmat dan Reva Adi Utama juga demikian. Rahmat mengunggah foto saat dirinya tampak seperti mengusap matanya, sembari dipegang pundaknya oleh Robert. Reva pun demikian. Pemain yang akan melepas masa lajangnya pada 16 Februari mendatang tersebut mengunggah story saat dirinya tengah menggiring bola tepat didepan Robert dalam sebuah sesi latihan.

Ferdinand Sinaga tak ketinggalan. Pemain yang memang sengaja kembali ke PSM dari klub Malaysia, Kelantan FA, karena ajakan Robert menuliskan kata-kata menyentuh dalam feed Instagram-nya.

"Best coach and best father in the field. Sehat selalu dan cepat kembali melatih dimanapun dan sukses selalu," tulis Ferdinand sambil mengunggah potret dirinya sedang berpelukan dengan Robert. Diketahui, momen tersebut diabadikan pada saat Ferdinand mengikuti latihan perdana di PSM sekembalinya dari Malaysia.

Doa yang sama datang dari Marc Klok. Pemain yang diboyong Robert dari Belanda ini mem-posting saat dirinya tengah berbincang santai dengan Robert dalam sebuah kesempatan.

Loading...

"Forever thankful for everything @robertrenealberts. I wish you all the best," tulis Klok.

Rizky Pellu tak ketinggalan. Gelandang kelahiran Tulehu ini memposting ulang video perpisahan Robert yang diunggah akun Instagram resmi PSM. 

"Dengan rasa hormat, saya pribadi mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya buat coach @robertrenealberts selama 3 musim bersama psm, beliau bisa mengangkat prestasi buat psm, susah senang selalu bersama-sama pemain, banyak mengajarkan untuk selalu kerja keras dan disiplin, sosok pelatih yang TERBAIK yang saya kenal selama berkarir di sepak bola. GWS coach @robertrenealberts , semoga cepat sembuh dan sukses terus di manapun berada, semoga suatu saat bisa bekerja bersama sama lagi . Amin. Ewako," tulis Pellu dalam caption-nya.

Kesan lainnya datang dari penjaga gawang muda PSM, Hilmansyah. Hilman nampaknya menyadari betul jika Robert-lah yang berhasil mengorbitkan dirinya.

Sejam lalu, Hilman mengunggah story saat dirinya sedang dalam pelukan Robert. Momen tersebut direkam saat Hilman menjalani debutnya yang gemilang sebagai starter saat PSM menjamu Bali United dipekan ke-32 Liga 1 musim 2018.

"Suatu kehormatan bisa bertemu dan bekerjasama denganmu, coach. Get well soon coach @robertrenealberts," tulis kiper yang sempat dipanggil seleksi Timnas AFF U-22 tersebut.

Akhirnya, Bedankt (terima kasih), Coach Robert. Semoga segera pulih!

Loading...
Loading...