Senin, 14 Januari 2019 12:24 WITA

Appi Kantongi 14 Nama Pengganti Robert, Ada Nama Riedl hingga Gomez

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Appi Kantongi 14 Nama Pengganti Robert, Ada Nama Riedl hingga Gomez
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin lebih condong untuk memilih pelatih asing, untuk menggantikan peran Robert Rene Alberts untuk musim kompetisi tahun 2019.

"Harusnya pelatih asing. Saya target maksimal 2 Minggu sudah dapat pelatih baru. Karena kita tidak punya banyak waktu lagi. Ada kompetisi AFC Cup, Piala Indonesia dan Liga 1 yang harus dijalani PSM," kata Munafri, kemarin (13/1/2019) malam.

Itu pun, menurut Munafri, pelatih kepala nantinya setidaknya memiliki kualitas kepelatihan setara dengan Robert, serta mampu bekerja sama dengan empat asisten pelatih yang ada di PSM Makassar saat ini.

"Penentuan pelatih ini bukan cuma saya yang tentukan. Tapi saya juga akan bicarakan dengan keempat asisten pelatih. Jangan sampai saya tentukan, nanti ada lagi asisten pelatih yang sakit. Kan masalah lagi," ujar Appi sembari berkelakar.

Sejak Robert pamit pada Sabtu (12/1/2019) lalu, Appi, sapaan akrabnya mengakui, telah ada 14 nama pelatih yang disodorkan kepadanya. Termasuk eks Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl dan eks Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez.

"Tapi menurut saya, pelatih yang ada, harus karakter yang kuat. Bukan sekedar menjadi pelatih, tapi sosok pengayom buat seluruh pemain," tegas Appi. 

Appi juga mematok beberapa kriteria sebagai prasyarat pelatih ke depan. Baginya, pelatih tersebut harus memiliki jam terbang bertanding di level internasional. 

"Pelatih itu juga harus bersih. Tdak berhubungan dengan mafia. Karena kita tidak mau punya pelatih yang gampang diintervensi oleh pihak luar," tegas Appi.