Kamis, 10 Januari 2019 09:06 WITA

Terpaksa Terlibat, Sukarela, dan Alasan Lain Wasit Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia

Editor: Nur Hidayat Said
Terpaksa Terlibat, Sukarela, dan Alasan Lain Wasit Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Ada banyak wasit yang terlibat pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia. Alasan mereka terlibat macam-macam. Seperti penuturan Wakil Ketua Satgas Anti Mafia Bola, Brigjen Krishna Murti.

Satgas Anti Mafia Bola telah menangkap wasit Nurul Safarid yang memimpin laga Persibara Banjarnegara kontra Persekabpas Pasuruan. Untuk laga itu sang wasit menerima uang Rp45 juta. 

"Ada beberapa wasit kami berita acara (periksa), mereka mengatakan beberapa dari mereka terlibat. Katanya wasit yang kita periksa, ada banyak (wasit yang terlibat)," kata Krishna dikutip Detik.com, Kamis (10/1/2018).

Satgas menemukan keterangan bahwa para wasit punya bermacam alasan terlibat pengaturan skor. "Mereka terpaksa terlibat, ikut terlibat karena sukarela, ada juga yang karena takut tapi mereka terlibat, atau ada permainan (pengaturan skor) yang mereka tahu tapi mereka tidak terlibat. Itu yang akan kami gali," urai Krishna. 

"Intinya Satgas masih bekerja ke segala arah untuk mengungkap apa yang terjadi terkait pengaturan skor pertandingan dalam Liga 1, 2, 3. Supaya memperbaiki sepakbola."