Rabu, 09 Januari 2019 08:33 WITA

Piala Liga Inggris: Wembley Angker, Penalti Kane Bawa Tottenham Kalahkan Chelsea

Editor: Nur Hidayat Said
Piala Liga Inggris: Wembley Angker, Penalti Kane Bawa Tottenham Kalahkan Chelsea
Laga Tottenham Hotspur melawan Chelsea pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Wembley, Rabu dini hari Wita (9/1/2018). (Foto: Evening Standard)

RAKYATKU.COM, LONDON - Tottenham Hotspur berhasil mengalahkan Chelsea pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Wembley, Rabu dini hari Wita (9/1/2018). Spurs menang 1-0 berkat gol penalti Harry Kane.

Spur mendapat tendangan penalti usai Kane dijatuhkan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga. Wasit harus melihat VAR sebelum memutuskan menunjuk titik putih. Kane pada akhirnya sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-26.

Kemenangan ini pun jadi modal Spurs menatap laga kedua yang akan berlangsung di Stamford Bridge pada 24 Januari mendatang.

Di luar itu, hasil laga ini menjadikan Chelsea selalu kalah dalam tiga lawatan terakhir ke Stadion Wembley. Sebelumnya, The Blues tumbang saat menghadapi Tottenham di Premier League dan kalah dari Manchester City di Community Shield.

Di sisi lain, bagi Spurs, kemenangan ini melanjutkan tren positif mereka atas Chelsea. Untuk pertama kalinya dalam 55 tahun, mereka mengalahkan Chelsea tiga kali beruntun di semua kompetisi.

Fakta terkait laga Tottenham vs Chelsea dirangkum Opta:

-Tottenham memenangi tiga laga beruntun melawan Chelsea di semua kompetisi untuk pertama kalinya setelah lima laga beruntun antara Maret 1961-September 1963.

-Chelsea selalu kalah dalam tiga kunjungan terakhir ke Wembley. Sebelumnya, Chelsea cuma kalah tiga kali dalam 11 lawatan ke Wembley (7 menang, 1 imbang, 3 kalah).

-Chelsea adalah tim kedua yang kalah dua kali melawan tim yang sama di Wembley dalam satu musim. Sebelumnya Sheffield Wednesday mengalami hal yang sama melawan Arsenal pada 1992-1993. Mereka kalah di final Piala Liga Inggris dan replay final Piala FA.

-Tottenham mencatat clean sheet dalam tiga pertandingan beruntun di semua kompetisi untuk pertama kalinya sejak Oktober 2017.

-Harry Kane saat ini adalah pencetak gol terbanyak keempat untuk Tottenham Hotspur dengan 160 gol.

-Kane selalu mencetak gol dalam enam penampilan terakhirnya di semua kompetisi untuk Tottenham. Itu adalah laju terbaiknya bersama Tottenham.

-Mauricio Pochettino sudah memimpin Tottenham dalam 250 pertandingan. Rekornya adalah 143 kemenangan, 53 imbang, dan 54 kalah.

-Eden Hazard dilanggar tujuh kali melawan Tottenham, paling banyak yang pernah ia alami dalam satu pertandingan musim ini. Ia menghasilkan tujuh dari 10 tendangan bebas untuk Chelsea.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Gazzaniga, Trippier, Alderweireld, Sanchez, Rose, Winks (Skipp 90'), Sissoko, Eriksen (Llorente 91'), Alli, Kane, Son (Lamela 79')

Chelsea: Arrizabalaga, Azpilicueta, Rudiger, Christensen, Alonso, Kante, Jorginho, Barkley (Kovacic 75'), Willian (Pedro 63'), Hazard, Hudson-Odoi (Giroud 79')