Selasa, 08 Januari 2019 15:11 WITA

Pelatih Kiper PSM Makassar Ikuti Kursus Kepelatihan PSSI

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
Pelatih Kiper PSM Makassar Ikuti Kursus Kepelatihan PSSI
Herman Kadiaman (kanan) mengikuti AFC Goalkeeper Coaches Course Level I di Sawangan, Depok, pada 6-12 Januari 2019.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSSI menggelar AFC Goalkeeper Coaches Course Level I di Sawangan, Depok, pada 6-12 Januari 2019.

Sebanyak 22 pelatih kiper Indonesia menjadi peserta dalam kursus gelombang pertama yang dipimpin instruktur AFC Zakareya Ahmed Alawadhi.

Salah satu peserta yang ikut yaitu Pelatih Kiper PSM Makassar, Herman Kadiaman. Herman bersama sejumlah pelatih seperti Hermansyah, Kurnia Sandi, Markus Horison, dan Ferry Rotinsulu.

"Sementara ikut Level 1, khusus untuk pelatih kiper. Itu bisa ikut Level 1 kalau dia dapat C AFC dulu, secara spesifiknya itu," kata Herman saat ikonfrimasi pada Selasa (8/1/2019). Saat ini, Herman memegang lisensi C AFC.

Dia menjelaskan, untuk pelatih kiper, ada yang dimaksud Level 1 sampai 3. Khusus untuk mengikuti level satu, katanya, harus ada lisensi C AFC terlebih dahulu. 

Loading...

Perbedaan C AFC dan Level 1, tambah Herman, secara umum bisa menangani secara keseluruhan pelatih. Tapi, khusus level satu itu adalah pelatih kiper. 

"Baru bisa naik ke Level 2 sampai 3. Artinya ini lisensi tambahan untuk pelatih kiper," jelasnya. 

Akan tetapi, lanjut Herman, untuk mengambil lisensi B AFC, bisa dilakukan tanpa mengikuti kurus kepelatihan Level 1 sampai 3. 

Ia pun tetap berencana akan melanjutkan untuk Level 2. "Tapi biasanya ini dilaksanakan setahun atau dua tahun (setelah kursus Level 1)," pungkasnya.

Loading...
Loading...